Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Inilah gedung kesebelas yang SGPC rekam dalam sejarah blog ini. Ia adalah Gedung Otoritas Jasa Keuangan untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Regional VIII) di Jalan W.R. Supratman No. 1 Denpasar sejak 2020 setelah sebelumnya berkantor di bekas gedung Bank Harapan Sentosa/Telkomsel di Jalan Diponegoro. Awalnya, gedung dengan nilai arsitektur modern yang relatif tinggi ini adalah kantor Bank Indonesia.

Gedung Bank Indonesia lama di Denpasar, sekarang Gedung Otoritas Jasa Keuangan Region VIII Denpasar. Gedung berwarna putih dengan eksterior berpola, latar depan pohon perindang.
Klasik. Foto mimin SGPC

Iklan

Gedung bergaya campuran tradisional Bali dan modernis ini dirancang oleh tim arsitek dari Biro Arsitek & Insinyur “Gumarna” dari Bandung. Konstruksi oleh Waskita Karya dimulai awal 1972 dan selesai dibangun sekitar pertengahan 1973, sementara instalasi listrik dilakukan PT Teknik Umum dan polesan eksterior oleh komanditer CV “Wenten” Denpasar.

Sketsa Gedung Bank Indonesia Lama di Denpasar, sekarang Gedung Otoritas Jasa Keuangan Region VIII Denpasar. Bali Post, 22 Juli 1973
Sketsa rancang bangun Gedung BI Denpasar. Bali Post, 22 Juli 1973

Gubernur Bank Indonesia Rachmat Saleh meresmikan penggunaan gedung ini pada 21 Juli 1973. Upacaranya diwarnai beberapa acara seperti gunting pita dan buka selubung logo BI, penyerahan kunci dari pemborong sebagai simbol dibukanya bangunan untuk umum, dan acara hiburan berupa lawakan dari Bing Slamet, Edy Suci, Iskak dan Ateng, dan tembang yang dibawakan oleh Ernie Djohan [ditulis Erny Johan di Bali Post] dan penyanyi lainnya.


Iklan

Bank Indonesia menempati gedung ini selama 21 tahun hingga 2004. Karena perekonomian Bali meningkat tajam yang berdampak pada derasnya arus moneter dan kebutuhan perbankan di Bali, kantor organ moneter Republik Indonesia di W.R. Supratman hanya bisa menampung tujuh dari sembilan seksi sehingga dua seksi sisa menumpang di rumah-rumah jabatan BI mulai 1993. Perencanaan gedung baru di Civic Centre Renon baru dilaksanakan setahun kemudian; sepuluh tahun setelah perencanaan BI pindah ke lokasi baru tersebut.

Sejak tahun 2020, bekas Gedung Bank Indonesia di Denpasar menjadi kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional VIII, yang diresmikan penggunaannya oleh Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Gubernur Bali I Wayan Koster pada 21 Desember 2020.

Gedung Bank Indonesia Lama di Denpasar, sekarang Gedung Otoritas Jasa Keuangan Region VIII Denpasar. Gedung berwarna krem dan putih dilihat dari samping.
Dari Jalan Trijata. Foto mimin SGPC

Gedung ini menjadi gedung dengan biaya pembangunan termahal di Bali tetapi tidak dijelaskan nilai pastinya. Di atas lahan seluas 4.623 m2 ini terdapat beberapa gedung yang terdiri dari kantor operasional Bank Indonesia (sekarang Otoritas Jasa Keuangan) dengan (asumsi luas lantai 3.672 m2), dua tungku pembakaran yang peruntukannya terpisah seperti untuk sampah dan uang, ruang diesel, gedung pertemuan, pos satpam hingga garasi.

Secara arsitektur, Gedung Otoritas Jasa Keuangan Denpasar karya tim dari Biro Arsitek & Insinyur “Gumarna” (Guna Membangun Arsitek Nasional) disebut oleh tim penulis Bank Indonesia sebagai gedung yang penuh tabir surya (sun-screen) yang dipercantik dengan motif ukiran khas Bali, dan bentuk tabir surya di sisi barat dan timurnya disebut mirip gedung Koperbi Jalan Kebon Sirih Jakarta.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1950an hingga 1970an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Bank Indonesia Denpasar
AlamatJalan W.R. Supratman No. 1 Denpasar Timur, Denpasar, Bali
ArsitekBiro Arsitek & Insinyur “Gumarna” Bandung
PemborongWaskita Karya (struktur)
CV “Wenten” Denpasar (finishing)
PT Teknik Umum (plumbing, mekanik dan kelistrikan)
Lama pembangunan1972 – 1973
Diresmikan21 Juli 1973 (Bank Indonesia)
21 Desember 2020 (OJK)
Jumlah lantai3 lantai

Referensi

  1. NN (1973). “Peresmian Penggunaan Gedung “BI” Denpasar”. Bali Post, 22 Juli 1973.
  2. Web resmi Bank Indonesia (arsip)
  3. Bank Indonesia (2012). “Gedung Bank Indonesia: Jejak Arsitektur Dalam Menggapai Kemakmuran Negeri.” Jakarta: Bank Indonesia. ISBN 978-979-3363-19-6. Halaman 294-295
  4. Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (2013). “Sejarah Perkembangan Kantor Bank Indonesia Denpasar.” Jakarta: Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia. Halaman 189-190
  5. Fika Nurul Ulya; Erlangga Djumena (2020). “OJK resmikan Kantor Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara.” KOMPAScom, 21 Desember 2020, diakses 1 November 2023 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *