Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Bank Indonesia di Jalan Letda Tantular No. 4 Denpasar – yang dihimpit oleh kantor Perusahaan Listrik Negara dan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan – adalah gedung terbaru organ moneter Indonesia untuk wilayah Provinsi Bali setelah 30 tahun lebih menempati kantor di Jalan W.R. Supratman No. 1, sekarang kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional VIII Bali-Nusra.

Gedung Bank Indonesia Denpasar
Gedung BI baru yang lebih luas dan besar. Foto mimin SGPC, CC-BY-SA 2.0

Gedung bersosok besar ini dibangun untuk menampung lebih banyak operasional BI di Bali yang sejak 1993 terpencar karena gedung di W.R. Supratman tidak lagi mampu menampung meningkatnya operasional. Perencanaannya telah berlangsung sejak 1994; tetapi pembangunan baru dimulai pada 27 Juni 1997, tetapi tertunda imbas krisis moneter 1998; konstruksi oleh Waskita Karya baru berlanjut pada Mei 2003, dan di momen tersebut pembangunannya berlangsung lancar.

Pembangunan gedung baru Bank Indonesia Denpasar selesai pada 29 Oktober 2004, sehingga setahun kemudian pegawai BI bisa dipindahkan dalam dua tahap mulai Juli dan Agustus 2005, dan peresmian penuhnya pada 2 Desember 2005. Gedung ini memiliki luas lantai sebesar 15.931 m2, 4,5 kali lipat luas lantai kantor lama.

Gedung Bank Indonesia Denpasar dirancang oleh tim arsitek dari Bita Enarcon Engineering, menerapkan bahasa arsitektur modern dengan campuran arsitektur khas Bali yang didapatkan dari pemakaian genteng dengan motif khas Bali di setiap titik ujung atap; candi bentar di pintu masuk dan ornamentasi di dalam gedung. Karena kebutuhan Bank Indonesia, bebrapa elemen arsitektur non-Bali juga diterapkan.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Letda Tantular No. 4 Denpasar Timur, Denpasar, Bali
ArsitekBita Enarcon Engineering
PemborongWaskita Karya
Lama pembangunanJuni 1997 – Oktober 2004
Diresmikan2 Desember 2005
Jumlah lantai3 lantai

Referensi

  1. Bank Indonesia (2012). “Gedung Bank Indonesia: Jejak Arsitektur Dalam Menggapai Kemakmuran Negeri.” Jakarta: Bank Indonesia. ISBN 978-979-3363-19-6. Halaman 295-297
  2. Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (2013). “Sejarah Perkembangan Kantor Bank Indonesia Denpasar.” Jakarta: Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia. Halaman 190-191
  3. Web resmi Bank Indonesia (arsip)
  4. Arsip halaman resmi Waskita Karya, diarsip 25 Desember 2008

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *