Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa

Kembali ke kota Gudeg Yogyakarta setelah lama mimin tidak bahas – terakhir adalah Ramai Mall di Malioboro. Klik linknya apabila anda belum membacanya. Sekarang, kami membahas salah satu hotel Jayakarta lainnya iaitu The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa di Jalan Adisucipto (depan Carrefour) Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta. Dekat dengan bandara Adisucipto sehingga tidak heran gedungnya pendek seperti Hotel Grand Diamond.

Gedung lobi yang sarat ukiran khas Yogyakarta, Mei 2010. Foto oleh Gunarto Pituruh/Panoramio

Iklan

The Jayakarta Yogyakarta Hotel adalah hotel bintang empat yang dikelola di bawah Grup Jayakarta pimpinan keluarga Pudjiadi. Hotel 129 kamar tersebut pertama hadir di bawah bendera “Yogya Palace Hotel” dan dibangun bertahap di awal tahun 1990an. Hotel ini muncul di tengah booming hotel-hotel di kota pendidikan di awal dan pertengahan 1990an.

Ia memulai operasionalnya sejak 1992 dengan menyediakan hanya 23 kamar. Pada akhir Desember 1993, dibawah manajemen Jayakarta, gedung tambahan yang menampung 108 kamar dirampungkan dan secara bertahap mulai menerima lebih banyak pelancong.

Tidak ada informasi arsitek dan kontraktor hotel ini baik gedung pertama maupun perluasannya karena minim informasi. Dari pemberitaan harian Kedaulatan Rakyat (1/12/1993) serta Berita Nasional/BERNAS (9/2/1994) disebutkan bahwa arsitekturnya masih menganut gaya arsitektur khas Yogyakarta; BERNAS melaporkan gaya arsitektur hotel Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa memadukan ciri khas Yogyakarta dan Bali. Secara konsep hotel ini membawa suasana kembali ke alam alias resort.

Hotel Jayakarta Yogyakarta dari kolam renang, Mei 2009. Foto oleh constantpijls/Panoramio

Karena renovasi, jumlah kamar pada Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa sedikit menyusut menjadi 129 kamar, terbagi ke empat tipe kamar (superior, deluxe (dua pemandangan), executive) dan dua suite (Junior dan Jayakarta). Hotel yang akses lobinya mirip hotel mewah Sheraton Mustika dan Hilton Nusa Dua juga memiliki empat ruang rapat berkapasitas maks. 250 orang, tiga restoran, kolam renang dan ruang terbuka di belakang. Dahulu, di tahun 1990an, kolam renang Hotel Jayakarta sempat dibuka untuk umum.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaYogya Palace Hotel
AlamatJalan Raya Solo-Yogyakarta (Jalan Adisucipto) Km. 8 Depok, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta
Selesai dibangunDesember 1993
Jumlah lantai5 lantai
Jumlah kamar129 kamar

Referensi

  1. Halaman resmi dan profil Hotel Jayakarta Yogyakarta di Agoda, diakses 9 April 2024
  2. aw (1992). “Musim semi di jalur bisnis hotel Yogyakarta.” Harian Ekonomi “Neraca”, 27 Juni 1992, hal. 9
  3. ono (1993). “Yogya Palace Hotel”, menawarkan suasana bercirikan Yogyakarta.” Kedaulatan Rakyat, 1 Desember 1993, hal. 11
  4. ans (1994). “Yogya Palace Hotel: Ciptakan suasana menyatu dengan alam.” Harian Berita Nasional (BERNAS), 9 Februari 1994, hal. 5

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *