Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Apabila anda sering melewati Jalan Prapatan/KKO Usman Harun, maka anda akan mudah berpapasan dengan tiga gedung, yaitu kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, kantor Bank Danamon, dan Hotel Aryaduta Menteng. Baik Disnakertransgi DKI dan Hotel Aryaduta sudah dibahas sebelumnya di blog ini, kini giliran gedung yang dihimpitnya, Gedung Bank Danamon Prapatan.

Gedung Bank Danamon Prapatan
Diantara hotel dan kantor pemerintah adalah gedung bank mentereng. Foto oleh mimin SGPC

Gedung tersebut adalah kantor Bank Danamon Prapatan, yang sepanjang sejarahnya merupakan kantor pusat dari Bank Umum Nasional (BUN) dari April 1985 hingga pindah ke Graha Atrium pada November 1992. Gedung berlantai sembilan ini dirancang oleh tim arsitek dari Grahacipta Hadiprana dan disebut-sebut selesai pada 1984, dan penggunaannya diresmikan oleh Gubernur DKI R. Soeprapto pada 12 April 1985. Sebelum di Prapatan, BUN berkantor pusat di Jalan Raya Cikini No. 78 yang sekarang menjadi kantor PT Central Cipta Murdaya.

Gedung Bank Danamon Prapatan berlantai sembilan, tetapi spesifikasi lainnya seperti lantai gedung bergaya arsitektur modern itu tidak disebutkan. Kasarnya per Google Earth, 8.395 m2. Pasca-pindah, fungsional gedung ini hanya menjadi kantor cabang utama Prapatan untuk BUN hingga bank tersebut disita Badan Penyehatan Perbankan Nasional, dan menjelang krismon sudah menjadi kantor Bank Danamon, termasuk divisi kartunya. Sejak akhir 2023, Bank Danamon menutup eksterior 3 lantai terbawah gedung yang menghadap jalan menjadi polos.

Data dan fakta

Nama lamaGedung Bank Umum Nasional
AlamatJalan KKO Usman-Harun No. 50 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekGrahacipta Hadiprana
Selesai dibangun1985
Diresmikan12 April 1985
Jumlah lantai9 lantai

Referensi

  1. Tan Hock Beng (1999). “Grahacipta Hadiprana: Indonesian Accents.” Singapura: Page One Publishing. Hal. 210
  2. “Bank Umum Swasta Nasional Mengalami Perkembangan Pesat.” Sinar Harapan, 13 April 1985, hal. 11
  3. Iklan Bank Umum Nasional. KOMPAS, 29 November 1979

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Atau, bila anda berminat dengan artikel majalah yang dikutip oleh blog ini, sekaligus butuh referensi, belilah di TORSIP SGPC!


Bagaimana pendapat anda......

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights