Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Graha Surveyor Indonesia adalah sebuah gedung tinggi berlantai 17 yang berdiri di bagian timur Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, yang seperti namanya merupakan kantor pusat dari PT Surveyor Indonesia sejak 2013. Gedung tersebut merupakan, sebenarnya, sebuah perkantoran dengan hak jual dengan luas lantai kasar mencapai 24.400 m2 dan menyediakan 2 lantai besmen untuk menampung maksimal 230 kendaraan roda empat.

Krakatau Steel & Graha Surveyor Indonesia
Graha Surveyor Indonesia ada di kanan. Foto oleh mimin SGPC

Awalnya gedung ini bernama Adhi Building, yang dikembangkan dan dikelola oleh BUMN kontraktor Adhi Karya bersama dengan PT Surveyor Indonesia, yang juga membangun keseluruhan struktur dan eksterior gedung ini, menjadikannya salah satu BUMN kontraktor yang mengembangkan proyek perkantoran setelah Pembangunan Perumahan (Plaza PP dan Plaza Bank Index).

Pembangunannya dimulai pada tanggal 8 Januari 1994 dalam sebuah upacara pengeboran pondasi Adhi Building, nama asli gedung ini, oleh Menteri Pekerjaan Umum Ir. Radinal Mochtar. Konstruksi Adhi Building, selanjutnya Adhi Graha, berlangsung hingga selesai sekitar akhir 1995, dan beroperasi sejak tahun 1996, menurut rilis Adhi Karya. Adhi Graha tutup atap pada tanggal 17 Maret 1995, dimana saat momen tutup atap, penjualan ruangan kantor yang dipercayakan kepada First Pacific Davies diklaim mencapai 90 persen.

Secara arsitektur, Adhi Graha dirancang oleh tim arsitek dari Hellmuth, Obata & Kassabaum (HOK) bersama dengan tim arsitek milik negara, Yodya Karya, sementara sturkturnya dilakukan oleh tim arsitek Limaef dan Arkonsult. Tetapi tidak ada catatan arsitektur mengenai gedung ini yang SGPC bisa temukan sejauh ini. Diperkirakan sekitar 65 milyar rupiah dalam bentuk obligasi, modal perusahaan dan kredit bank dalam negeri (Rupiah, nilai awal konstruksi. Ada kemungkinan biaya pembangunan naik saat konstruksi berlangsung) ditanam untuk membangun gedung ini.

Semenjak PT Surveyor Indonesia mengakuisisi saham kepemilikan gedung milik Adhi Karya, gedung ini sejak Juni 2013 resmi bernama Graha Surveyor Indonesia.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaAdhi Building
Adhi Graha
AlamatJalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 56 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekHellmuth, Obata & Kassabaum (arsitektur)
Yodya Karya (architect of record)
Limaef (struktur)
Arkonsult (struktur)
PemborongAdhi Karya
Lama pembangunanJanuari 1994 – 1996
Jumlah lantai16 lantai
2 basement
Biaya pembangunanRp. 65 milyar (1994)
Rp. 590 milyar (inflasi 2022)

Referensi

  1. “Menteri PU Lakukan Pengeboran Pertama Pondasi Gedung Perkantoran Adhi Karya.” Berita Yudha, 11 Januari 1994, hal. 5. Diakses via Monumen Pers Nasional
  2. Joko Yuwono (1994). “Adhi Karya Pasarkan Adhi Building.” Majalah Properti Indonesia No. 8, September 1993, hal. 12
  3. Iklan Adhi Building, KOMPAS 30 Maret 1995
  4. rrd/dnl (2013). “Surveyor Indonesia Beli Gedung Adhi Graha di Jalan Gatot Subroto.” Detikcom, 27 Juni 2013. Diakses 1 November 2022 (arsip)
  5. Arsip halaman Adhi Graha di Adhi Karya, diarsip 7 Januari 2012
  6. Bineratno; Mada Gandhi; Herman Syahara (1994). “Sumber Profit Baru BUMN-PU.” Majalah Properti Indonesia No. 3, April 1994, hal. 84-86

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *