Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Graha Aktiva adalah gedung berlantai 11 di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, bersebelahan dengan Gedung Graha Irama yang dibangun belakangan tetapi lebih tinggi. Gedung tersebut dirancang oleh tim arsitek dari Denton Corker Marshall melalui anak cabangnya, Duta Cermat Mandiri, dan dibangun dari 1989 hingga selesai pada tahun 1991 menurut DCM. Tidak ada informasi kontraktor gedung ini. Awalnya, gedung berlanggam pascamodernisme ini bernama Exchange House dan menjadi kantor perwakilan Indonesia perusahaan kredit American Express.

Graha Aktiva
Foto oleh mimin SGPC

Graha Aktiva dengan luas lantai bersih 11 ribu meter persegi ini terkenal sebagai kantor pusat Zenius dan Sinergi Informatika Semen Indonesia. Dahulu sempat ditempati oleh SNC Lavalin untuk kantor di Indonesia, dan kantor cabang Bank Danamon.

Data dan fakta

Nama lamaExchange House
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Blok X1 Kav. 3 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekDuta Cermat Mandiri
Lama pembangunan1989 – 1991
Jumlah lantai11 lantai
1 basement

Referensi

  1. Medial Syukur (1995). “Gaya Posmo: Ketika Arsitektur Modern Mulai Menjenuhkan”. Majalah Properti Indonesia No. 14, Maret 1995, hal. 80-85
  2. “Architects of Asia”. Mulgrave, Australia: Images Australia. Halaman 54-55.
  3. Arsip halaman resmi Denton Corker Marshall, diarsip 21 Juni 2016
  4. Halaman resmi Wins Property, diakses 7 November 2021 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *