Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Inilah hotel mewah yang berlokasi di kawasan Sawah Besar yang didominasi rukan, The Media Hotel & Towers berlantai 19 dan 351 kamar yang dimiliki oleh Surya Paloh, pemilik harian Media Indonesia dan Metro TV. Hotel ini sudah beroperasi sejak Januari 1997 dan diresmikan penuh pada bulan Maret atau April 1997 (data menyusul).

The Media Hotel & Towers
Foto oleh mimin SGPC

Dirancang oleh tim arsitek dari Arkipuri Intra Nasional untuk eksterior, rancangan interior oleh Grahacipta Hadiparana dan dibangun oleh Duta Graha Indah (sekarang Nusa Konstruksi Enjiniring), The Media dirancang dengan suasana tropis dengan interior yang mewah. Saat diresmikan, terdapat 308 kamar biasa, 15 suite dan 28 apartemen tower, termasuk sebuah penthouse dengan kolam renang dan helipad sendiri yang diklaim lebih besar dari penthouse sebuah hotel di Amerika Serikat, lima rumah makan, sasana kebugaran yang dirancang dengan paduan gaya Yunani-Roma, kolam renang luar ruangan dan empat ruangan rapat dan resepsi berkapasitas maksimal 500 orang.

Sayangnya, informasi yang didapat mengenai hotel mewah ini cukup minim. Hotel ini bernama Sheraton Media Hotel & Towers, yang merupakan bagian dari jaringan hotel bermerek Sheraton dari ITT, dan selanjutnya Starwood dari 1997 hingga 31 Mei 2012. Sejak melayani relawan petugas kesehatan penanggulangan COVID-19 pada tahun 2020, The Media Hotel & Towers ini tidak lagi beroperasi.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaSheraton Media Hotel & Towers
AlamatJalan Gunung Sahari No. 3 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekArkipuri Intra Nasional
PemborongDuta Graha Indah
Selesai dibangun1997
DibukaJanuari 1997
Jumlah lantai19 lantai
Jumlah kamar351

Referensi

  1. W-1 (1996). “Sheraton Media akan Segera Buka di Jakarta Utara.” Media Indonesia, 3 November 1996
  2. Mhy/C-2 (1997). “Sheraton Media, Hotel Megah dan ‘Wah’.” Media Indonesia, 21 Januari 1997 hal. 13
  3. Arsip halaman resmi Sheraton, diakses 5 Maret 2000
  4. Arsip halaman resmi Arkipuri Intra Nasional, diakses 2001
  5. Arsip halaman resmi Nusa Konstruksi Enjiniring, diakses 9 Februari 2014 (NKE nama baru Duta Graha)
  6. Amir Sidharta (1997). “Hadiprana builds on flourishing design career” (Hadiprana membangun karir desain dengan gemilang). The Jakarta Post, 13 April 1997, via jawawa.id (arsip).
  7. Afif Farhan (2012). “Sheraton Media Ganti Nama, Siapkan Paket Liburan Baru.” Detikcom, 31 Mei 2012. Diakses 3 November 2021 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *