Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Gedung Wisma IKPT adalah sebuah gedung perkantoran berlantai 13 dan 1 basement yang berlokasi di Jalan M.T. Haryono, Tebet, Jakarta Selatan yang (sesuai namanya) ditempati oleh Inti Karya Persada Teknik, perusahaan konstruksi terkemuka yang merancang Rumah Sakit Dharmais dan memanajeri pembangunan Gedung Granadi plus fasilitas industri seantero Indonesia.

Wisma IKPT
Kontraktor yang tidak bangun gedung untuk dirinya sendiri. Foto oleh mimin SGPC

Tidak seperti kedua gedung tersebut, IKPT tidak banyak berperan dalam pembangunan dan perancangan gedung yang mereka akan tempati, gedung ini sebaliknya ditangani oleh Jasa Ferrie Pratama untuk desain arsitekturnya, dan Duta Graha Indah (sekarang Nusa Konstruksi Enjiniring) sebagai kontraktornya.

Gedung lama PT IKPT, 1988-2003. Sekarang sudah dibongkar. Foto oleh PT IKPT untuk Majalah Eksekutif, Juni 1989

Sebelum dibangun, IKPT berkantor di Jalan Dr. Soepomo No. 42 sejak tahun 1988. Perkembangan perusahaan, bahkan di masa krisis moneter 1997-98, membuat gedung berlantai 3 tersebut sudah tidak memadai bagi IKPT yang ingin efisiensi dan keluwesan ruangan, sehingga perusahaan tersebut memutuskan membangun gedung baru di jalan protokol M.T. Haryono, dengan luas tanah 4.973 m2 dan luas lantai total ~25 ribu m2.

Gedung rancangan Jasa Ferrie Pratama ini memiliki gaya arsitektur modern, yang terlihat menonjol oleh atap miring yang terangkat ke depan, sebagai simbolisasi visi menjulang dan berkembang IKPT, dipadukan dengan penggunaan lapisan kaca dan panel aluminium sebagai curtain wall yang memberi kesan moderennya, sekaligus mempercantik lingkungan arsitektur di daerah Tebet.

Eksterior lantai parkir menggunakan lapis granit dan cat. Wisma IKPT terbagi menjadi dua komponen, yaitu gedung parkir dan lobi yang berlantai 4 dan 1 basement, dan 9 lantai untuk ruang kantor. Gedung parkirnya menampung 319 mobil dan 64 sepeda motor dan gedung perkantorannya dirancang menampung 1.200 orang dan memiliki ruang serbaguna di lantai 13.

Konstruksi Wisma IKPT dimulai Oktober 2001 dengan pemancangan tiang pertama dan selesai sekitar tahun 2003 (rencana selesai 19 November 2002). Dirancang bertahan untuk minimal 25 tahun, biaya konstruksi Wisma IKPT hanya mencapai 78,1 milyar rupiah nilai 2002 atau USD 8,5 juta.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan M.T. Haryono Kav. 4-5 Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekJasa Ferrie Pratama
PemborongDuta Graha Indah
Lama pembangunanOktober 2001 – ca. 2003
Jumlah lantai13 lantai
1 basement
Biaya pembangunanRp. 78,1 milyar (2002)
Rp. 232,6 milyar (inflasi 2021)
Referensi: Ikatan Arsitek Indonesia 2003; Majalah Konstruksi #314

Referensi

  1. Saptiwi Sbj (2002). “Gedung Baru IKPT: Berkembang Menantang Masa Depan.” Majalah Konstruksi No. 314, Oktober 2002, hal. 37-40
  2. Budi A. Sukada; Bambang Sutrisno (2003). “Karya Arsitek Indonesia”. Jakarta: Pustaka Rumahkebun. Halaman 168-171
  3. Halaman resmi Inti Karya Persada Teknik, diarsip 12 Juli 2014

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *