Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Plaza Aminta adalah sebuah gedung perkantoran swasta berlantai 10 yang berlokasi di selatan Jalan T.B. Simatupang, Jakarta Selatan. Gedung ini dikelola oleh perusahaan independen Aminta Griyatama sejak selesai dibangun pada bulan Juli 1993, tahun-tahun saat perkantoran sudah mulai menyebar keluar dari segitiga emas seperti Gedung Ventura atau Plaza PP; iklan Plaza Aminta menonjolkan manfaat berkantor tanpa macet di lokasi pinggiran kota.

Plaza Aminta
Simpel, tetapi bisa bertahan di perubahan zaman. Foto oleh mimin SGPC

Plaza Aminta dirancang oleh Samuel A. Budiono dari Samuel A. Budiono & Associates, perancang Mall Galeria dan Hotel Phoenix yang sama-sama di Yogyakarta, bersama dengan arsitek dari Kiat Karsindo Consultants (Gedung Wahana Artha dan Grand Diamond Yogyakarta).

Untuk mencapai misi Plaza Aminta sebagai bangunan bercitra korporat yang tahan lama dari segi desain dan kokoh, ornamen dihapus dan tidak membebek pada gaya arsitektur tertentu. Akibatnya, lahirlah gedung yang simpel tetapi berdimensi dari bagian podium yang besar, hingga atap gedungnya yang berundak, semua terinspirasi dari bangunan era klasik. Itu adalah penjelasan Budiono kepada majalah Konstruksi mengenai Plaza Aminta saat itu.

Pihak Kiat Karsindo menambah kepada wartawan Majalah Konstruksi, bahwa untuk memperkuat kesan kokoh itu, sekaligus mengoptimasi luas lantai gedung, mereka menggunakan proporsi untuk menentukan dimensi gedung, penampilan jendela hingga kanopi masuk alias porte cochere dalam kamus arsitektur. Bangunan berlapis granit berwarna cokelat dan jendela berwarna cokelat ini memiliki luas lantai 14.452 meter persegi dengan ketinggian gedung mencapai 39,2 meter.

Sebelumnya bernama “Aminta House”, Plaza Aminta dibangun mulai April 1992 hingga diserahterimakan kepada pengelola pada bulan Juli 1993 oleh kontraktor nasional Duta Graha Indah, kini Nusa Konstruksi Enjiniring.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaAminta House
AlamatJalan T.B. Simatupang Kav. 10 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekSamuel A. Budiono & Associates (arsitektur)
Kiat Karsindo Consultants (architect of record)
Davy Sukamta & Partners (struktur)
PemborongDuta Graha Indah
Lama pembangunanApril 1992 – Juli 1993
Jumlah lantai10 lantai
2 basement
Tinggi gedung39,2 meter
Referensi: Majalah Konstruksi #184 Agustus 1993

Referensi

  1. Dwi Ratih; Saptiwi Djati Retnowati (1993). “Aminta House, Simpel Namun Tidak Kering”. Majalah Konstruksi No. 184, Agustus 1993, hal. 60-64
  2. Halaman resmi Plaza Aminta, diakses 22 Januari 2021 (arsip)
  3. KOMPAS, 18 Februari 1993 (iklan Aminta House)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *