Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Wahana Artha juga tergolong bukan gedung yang ingin ditulis di Setiap Gedung Punya Cerita, namun terserah apa yang ada disumber sehingga gedung ini masuk blog. Walaupun itu, yang membedakan gedung lain dengan Wahana Artha, adalah penggunaan gedung yang dianggap tidak umum, memadukan kantor dengan dealer motor di lantai dasar.

Honda Wahana Jakarta
Salah satu gedung dealer tertinggi di Indonesia. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Awalnya bernama Atap Centre, gedung ini berganti nama sejak 1997 setelah meresmikan nama grup baru pemilik gedung, Wahana Artha, dan claddingnya berubah dari awalnya berlapis biru. Sebelumnya, Wahana Motor berpusat di Jalan Sukarjo Wirjopranoto 2A.

Secara etimologis, nama awal Atap Centre diambil karena harapan pemilik gedung pada satu atap naungan Grup Astra, dan filosofi atap sebagai puncak sebuah rumah, melambangkan menggapai cita-cita.

Gedung dengan luas lantai 4.500 meter persegi ini memiliki 8 lantai dan 1 lantai semi basement, dengan ketinggian 38 meter. Barangkali inilah spesialnya gedung Wahana Artha yang lebih menonjol dari Gedung Putera yang usianya terpaut 16 tahun, dan juga pada Hotel Alpine yang jaraknya selemparan batu dengan Wahana Artha. Gaya arsitektur yang diusung gedung rancangan Kiat Karsindo Consultants masih bergaya modern internasional, dengan finishing cladding berwarna perak (di foto terlihat biru) dan kaca berwarna biru St. Gobain. Belakangan cladding diganti menjadi perak kasat mata.

Gedung Wahana Artha dibangun oleh pemborong milik negara Wijaya Karya, dengan subkontraktor Frankipile Indonesia untuk pondasi, Berca untuk instalasi listrik, Jaya Kencana untuk liftnya dan YKK Alumico untuk cladding awal. Pembangunan dimulai pada 10 Juli 1990 hingga keseluruhan bangunan selesai pada Juli 1991, dan pada 19 Juli 1991 Wahana Makmur Sejati resmi pindah ke gedung ini. Struktur gedung menggunakan pondasi frankipile, struktur atas frame terbuka dengan balok satu arah, bebas pratekan. Proyek ini menghabiskan Rp 7,7 milyar nilai 1991, setara Rp 87,6 milyar nilai 2019.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaAtap Centre
AlamatJalan Gunung Sahari Raya No. 32 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekKiat Karsindo Consultants (arsitektur)
Susanto Ciptajaya (struktur)
PemborongWijaya Karta (utama)
Frankipile Indonesia (pondasi)
Lama pembangunanJuli 1990 – Juli 1991
Diresmikan19 Juli 1991
Jumlah lantai8 lantai
1 semi basement
Tinggi38 meter
Biaya pembangunanRp 7,7 milyar (1991)
Rp 90 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #163 November 1991

Referensi

  1. Hidayat, Rahmi; Djati Retnowati, Saptiwi. “Gedung Atap Centre: Menaungi Penyewa Sejawat”. Majalah Konstruksi No. 163, November 1991.
  2. Website resmi Wahana Artha Motor (arsip, 20 April 2008)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *