Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung yang kita bahas kali ini berada di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C5 yang bertetangga dengan petak Wisma Budi dan kantor pusat Asuransi Wahana Tata, dan itu adalah gedung perkantoran bernama Gedung Wirausaha, atau kerennya dalam bahasa kemringgis, “Enterprise Building.”

Gedung Wirausaha
Generik, dibuat oleh firma arsitektur yang anda sudah kenal. Foto oleh mimin SGPC

Gedung Wirausaha awalnya dimiliki oleh PT Sinar Sahabat, sebagai Gedung Perkantoran Sinar Sahabat dan dibangun oleh Total Bangun Persada dari Oktober 1989 dan selesai di rentang September-Desember 1990 (di Majalah Konstruksi edisi Mei 1990, pemborong mengharapkan sebelum Oktober 1990 gedung ini sudah selesai, tetapi kemoloran suatu saat bisa terjadi).

Tak ada hal yang khusus dari bangunan berlantai 8 dengan luas lantai 11 ribu meter persegi ini. Dirancang oleh Airmas Asri di tahun-tahun awal mereka merintis perancangan gedung (nyaris bersamaan dengan Hotel Atlet Century), Gedung Wirausaha terlihat segar tapi sangat steril dengan lapis alucobond dan curtain wall, dengan langgam modern akhir. Secara struktur, pondasi Frankipile dan struktur atas lapis beton bertulang yang ditumpu dua core tembok geser (shear wall).

Soal tenant, Gedung Wirausaha menjadi kantor cabang pembantu Bank Mandiri (meneruskan Bapindo) dan OCBC NISP, pabrikan roda dua asal India TVS, dan perusahaan biskuit legendaris Khong Guan.

Sekian presentasi gedung era Dilan lainnya dari Jalan H.R. Rasuna Said.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

Nama lamaGedung Perkantoran Sinar Sahabat
Nama lainGedung Wira Usaha
Enterprise Building
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. C5 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekAirmas Asri
PemborongTotal Bangun Persada
Lama pembangunanOktober 1989 – akhir 1990
Jumlah lantai8 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #145 Mei 1990

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1990). “Gedung Perkantoran Sinar Sahabat: Kesan megah dan tampak ringan.” Majalah Konstruksi No. 145, Mei 1990
  2. Website resmi Khong Guan Biscuits Factory. Diakses 29 Juli 2019. (arsip)
  3. Website resmi TVS Indonesia. (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *