Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung TRIO adalah gedung perkantoran berlantai delapan yang berdiri di Jalan Kebon Sirih No. 63 Jakarta Pusat. Gedung berlantai 8 ini merupakan kantor pusat Trikomsel Oke, perusahaan retailer ponsel nasional, dan dalam sejarahnya banyak memiliki nama dari Wisma Bank Continental, Wisma Dana Asia, Gedung Megabest hingga Gedung Skybee One.

Trio dan Penta
Gedung TRIO ada di kiri – Foto oleh mimin SGPC

Dengan luas 5642 meter persegi, gedung berkelir komposit aluminium warna putih kebiruan dan lapis kaca biru ini dirancang oleh tim arsitek di tubuh pemborong Total Bangun Persada (design & built). Pembangunan dimulai Agustus 1990 dan selesai sekitar 1992, dan dibuka pada September 1992, bersamaan dengan rebranding nama Bank Natin menjadi Bank Continental.

Saat pertama dibangun, gedung ini menjadi kantor pusat dari Bank Continental yang disebut-sebut milik kongsi Continental Permai yang nyaris hancur setahun setelah gedung ini mulai ditempati. Bank Continental berganti nama menjadi Bank Dana Asia per 1 Februari 1995, begitu pula nama gedungnya. Tercatat gedung ini sempat bernama “Megabest” dan “Skybee One” di kurun dekade 2000an dan 2010an, namun presisinya tidak diketahui.

KOMPAS, 21 September 1992

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

Nama lamaWisma Continental Permai
Wisma Bank Continental
Gedung Megabest
Gedung Skybee One
AlamatJalan Kebon Sirih No. 63 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekTotal Bangun Persada (D&B)
PemborongTotal Bangun Persada (D&B)
Lama pembangunanAgustus 1990 – 1992
DibukaSeptember 1992
Jumlah lantai8 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #151 November 1990

Referensi

  1. Retnowati, Saptiwi Djati; Dwi Ratih; Yustono, Urip. “Wisma Continental Permai”. Majalah Konstruksi No. 151, November 1990.
  2. Dwijayanto, Andi; Rahmawati, Wahyu (editor). “Trikomsel Oke menutup 92 gerai di semester pertama 2018”. KONTAN, 29 Juni 2018. (arsip)
  3. Rosser, Andrew. “The Politics of Economic Liberalization in Indonesia: State, Market and Power” (2013). Abingdon, Inggris Raya: Routledge.
  4. KOMPAS, 21 September 1992 (iklan)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *