Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Kadang, dalam kasus tertentu, pewarta Majalah Konstruksi lebih suka meliput bangunan liliput ketimbang melaporkan gedung-gedung besar sehingga Setiap Gedung Punya Cerita pun perlu membahasnya dengan bahasa cukup heran. Ini adalah Gedung Hin Ann Hwee Koan, bangunan berlantai 5 di persilangan Jalan K.H. Hasyim Ashari dan Jalan A.M. Sangaji di kawasan Petojo, DKI Jakarta.

Hin an hwee koan
Bangunan biasa. Foto oleh mimin SGPC

Awalnya, gedung ini adalah milik PT Kaliraya Sari, yang merancang dan memborong pembangunan gedungnya sendiri selain pondasinya yang dilakukan Frankipile Indonesia, mungkin menjadikan gedung ini pelopor konsep design & built di Indonesia sejauh ini. Pembangunan dilakukan dari 1976 dan selesai 1977, menghabiskan biaya Rp 276 juta nilai 1977 (kini setara Rp 12 milyar per 2020).

Dengan tinggi 18 meter, dan tinggi per lantai 3,6 meter gedung ini jelas tidak signifikan dan mungkin tak akan ditulis oleh Setiap Gedung Punya Cerita (sama dengan Gedung Putera, Gedung Bank Ganesha/Harapan Motor dan gedung BAPINDO samping Bank Permata Hayam Wuruk) mengingat gedung di Jalan K.H. Hasyim Ashari memiliki rentang tinggi yang sama. Eksterior menggunakan cat dan bata merah, kini fascia depan gedung sudah mengalami perubahan kecil.

Foto hitam putih Gedung Hin An Hwee Koan. Jakarta tempo dulu 1970an, 1977.
Gedung Hin An Hwee Koan sebagai Panca Building. Foto oleh Majalah Konstruksi, November-Desember 1977.

Saat selesai dibangun, Gedung Hin An Hwee Koan bernama Panca Building, dan ditempati sepenuhnya oleh PT Kaliraya Sari. Belum ada catatan lain dari nama lama gedung beserta penghuni bangunan ini di rentang Desember 1977 dan Juli 2019 karena ketiadaan data. Per Maret 2023, instansi maupun perusahaan yang menghuni gedung ini yakni yayasan Tionghoa Hin An Hwee Koan, kantor pengacara Rapen Sinaga & Partners (sejak Januari 2023) dan kedai kopi Pick Cup & Anak Bakmie.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1950an hingga 1970an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaPanca Building/Gedung Panca
AlamatJalan K.H. Hasyim Ashari No. 4-6 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekKaliraya Sari (design & built)
PemborongKaliraya Sari (design & built)
Lama pembangunan1976 – 1977
Jumlah lantai5 lantai
Biaya pembangunanRp 276 juta (1976)
Rp 11,9 milyar (inflasi 2023)
Referensi: Majalah Konstruksi November-Desember 1977

Referensi

  1. NN (1977). “Panca building dibangun untuk yang membangun”. Majalah Konstruksi, November-Desember 1977.
  2. Halaman resmi Rapen Sinaga & Partners, diakses 31 Maret 2023 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *