Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham

Gedung berlantai 6 ini merupakan kantor dari Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham, sebelumnya bernama Ditjen Bina Tuna Warga, sejak 1981. Singkat kata, gedung modernis biasa-biasa saja ini secara desain dan struktur merupakan rancangan Biro Insinyur Exakta pimpinan Hannyoto Roosseno, anak Roosseno, maestro teknik sipil Indonesia.

Gedung Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham 1980
Foto: Majalah Konstruksi Januari 1980

Tidak seperti ditjen-ditjen Kementerian Hukum dan HAM lainnya yang kebanyakan berkantor di Jalan H.R. Rasuna Said, Ditjen Permasyarakatan masih berkantor di Jalan Veteran, dekat dengan kantor Bina Graha, kantor lembaga Kepresidenan Republik Indonesia.

Pembangunan gedung ini dimulai September 1978 dan selesai sekitar 1980 dalam tiga tahap; karena saat diserah terimakan pada Desember 1979, Ditjen Bina Tuna Warga belum memasang AC dan lift bangunan. Tahap pertama adalah struktur bangunan, kemudian finishing sebagai tahap kedua. Pembangunan dilakukan oleh pemborong swasta Nila Kandi. Ditjen BTW menghabiskan biaya 1,2 milyar rupiah (setara Rp. 36 milyar nilai 2020) untuk membangun gedung ini, naik 300 juta dari rencana awal 900 juta rupiah karena kebijakan devaluasi 15 November 1978.

Secara struktur, Gedung Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham dibangun dengan kelebihan kekuatan alias over construction: empat core yang menjadi kolom utama penyangga lantai gedung, menjadikan gedung ini cukup tahan gempa.

Gedung Bina Tuna Warga diresmikan pada 17 Februari 1981 oleh Menteri Kehakiman Mudjono S.H. Seperti halnya gedung-gedung pemerintah lainnya, bentuk gedung kini sudah berubah total.

Karena lokasinya yang jauh dari Rasuna Said, gedung ini terpisah dari artikel induk Kementerian Hukum dan HAM. Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Ditjen Bina Tuna Warga Departemen Kehakiman
AlamatJalan Veteran No. 11 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekBiro Insinyur Exakta
PemborongPT Nila Kandi
Lama pembangunanSeptember 1978 – sekitar 1980
Diresmikan17 Februari 1981
Jumlah lantai6 lantai
Tinggi gedung28 meter
Biaya pembangunanRp 1,2 milyar (1980)
Rp. 36 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi Januari 1980

Referensi

  1. NN (1980). “Gedung Bina Tuna Warga dibangun dengan “Over Construction”. Majalah Konstruksi, Januari 1980.
  2. Bali Post, 19 Februari 1981 (keterangan foto).

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *