Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Indosurya Center adalah sebuah gedung kantor berlantai delapan yang berdiri bersebelahan dengan kantor Bangkok Bank di Jalan M.H. Thamrin No. 3, Jakarta Pusat. Gedung ini awalnya bernama Wisma Elok, Wisma Bank Rama dan Bhagwan Centre.

Indosurya Center sebagai Wisma Elok di Jakarta 1986
Tidak seelok namanya.
Gambar: Majalah Konstruksi, Oktober 1986 (Foto utama)

Saat masih bernama Wisma Elok, Indosurya Center dirancang oleh arsitek asal Singapura Timothy Seow (arsitek yang sama dengan kantor BPPT di seberang dan Wisma Bumiputera), strukturnya dirancang oleh tim arsitek lokal pada Trijaya Kani, dan dibangun oleh Decorient Indonesia (sekarang BAM Indonesia) mulai Juni 1985 sampai September 1986, tepatnya pada tanggal 17 September 1986 Wisma Elok diserahterimakan kepada pemiliknya, PT Inter Nusantara Real Estate. Desain yang diperlihatkan masih mengusung gaya internasional, dan pemilik bangunan yang mengharapkan gaya arsitektur yang enak dipandang, sepertinya bakal dicemooh oleh generasi Dilanowcy yang akan membaca blog ini, karena terlalu kaku.

Seperti gedung di bagian utara Jalan M.H. Thamrin, dan dekat dengan Jalan Kebon Sirih dengan kondisi dalam tanah yang berlumpur, Wisma Bank Rama memiliki pondasi yang sangat dalam, yaitu 45 meter, berjenis bored pile (tiang bor), dan pekerjaannya butuh perjuangan. Mengutip kata pejabat Decorient Indonesia yang diwawancara Majalah Konstruksi, gedung ini tidak memiliki keistimewaan apapun dari struktur atasnya. Lokasi yang sempit dan peraturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kala itu, terutama soal perparkiran, juga menjadi alasan kecilnya Wisma Bank Rama, hanya 8 lantai dengan luas lantai kasarnya mencapai 4650 meter persegi.

Dalam sejarahnya, nama Wisma Elok lebih singkat dibanding Wisma Bank Rama, karena dijadikan kantor pusat Bank Rama. Bank Rama adalah bank swasta hasil peleburan Bank Ramayana dan Bank Masyarakat pada 1972 dan diduga bubar sejak krismon 1998. Pasca-1998, gedung tersebut sempat berubah penampilan dan bertambah jumlah lantainya. Sekarang, gedung ini bernama Indosurya Centre. Sejak Maret 2022, Indosurya Center disita Kejaksaan Agung terkait dengan kasus penipuan yang melibatkan perusahaan tersebut.

Bank Rama
Foto oleh mimin SGPC

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaWisma Elok
Wisma Bank Rama
Bhagwan Center
AlamatJalan M.H. Thamrin No. 3 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekTimothy Seow (arsitektur)
Trijaya Kani (struktur)
PemborongDecorient Indonesia
Lama pembangunanJuni 1985 – September 1986
Lama renovasiTidak diketahui, ca. 2003
Jumlah lantai8 lantai
1 basement
Majalah Konstruksi #103 Oktober 1986

Referensi

  1. NN (1986). “Gedung Wisma Elok: Menggunakan pondasi tiang bor dengan kedalaman 45 meter”. Majalah Konstruksi No. 103, Oktober 1986
  2. Rakha Ariyanto Darmawan (2022). “Bareskrim sita gedung KSP Indosurya senilai Rp. 1,2 triliun di Thamrin.” Detikcom, 10 Maret 2022, diakses 1 Februari 2023 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *