Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Graha Bumiputera merupakan gedung kantor berlantai delapan yang berdiri di tengah-tengah kawasan Darmo, Kota Surabaya. Gedung bergaya modern, dengan dominan dilapisi kaca warna hitam dan keramik warna putih, dengan sudut membulat ini ternyata dibangun agak lama di pertengahan hingga akhir dasawarsa 1980an. Gedung ini menyediakan ruang kantor seluas 4.660 meter persegi.

Graha Bumiputera
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Tidak ada informasi arsitek gedung ini, namun dari pemberitaan Surabaya Post, anak usaha AJB Bumiputera, PT Macadam, menjadi kontraktor gedung ini. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1984, dan dengan desain yang sederhana, seharusnya menghabiskan 2 tahun. Karena terjadi sengketa antara Perusahaan Jawatan Kereta Api dengan asuransi terkait tanah parkir dan lanskap gedung ini, proyek Graha Bumiputera akhirnya berjalan lambat hingga nyaris mangkrak dan dianggap mempermalukan Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Soelarso.

Entah bagaimana PJKA dan Bumiputera berdamai sehingga proyek ini berjalan mulus. Pihak asuransi berupaya keras untuk menyelesaikan Graha Bumiputera, setidaknya agar selesai dulu secara fisik. Per September 1988, gedung tersebut secara struktur sudah tutup atap (lantai 8). Oleh pihak pengelola, pembangunan tersebut seharusnya bisa dirampungkan pada tahun 1989, yang akhirnya ditepati dengan peresmian gedung oleh Gubernur Jawa Timur Soelarso pada 18 Desember 1989. AJB Bumiputera sendiri sudah merogoh kocek sebesar Rp. 6,8 milyar (setara Rp. 93 milyar nilai 2022) untuk membangun gedung ini.

Rencana awalnya, gedung yang sebelumnya bernama Bumi Bina Usaha ini tidak semuanya ditempati oleh AJB Bumiputera dan anak usahanya, yang menempati 3 lantai. Lima lantai sisanya saat itu akan disewakan pada umum. Kini, gedung tersebut sepi imbas bergesernya tren ruang perkantoran dan mati surinya asuransi bersama selaku penghuni utama.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

Nama lamaGedung Bumi Bina Usaha
AlamatJalan Raya Darmo No. 155-159 Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
PemborongPT Macadam
Lama pembangunan1984 – 1989
Diresmikan18 Desember 1989
Jumlah lantai8 lantai
Biaya pembangunanRp. 6,8 milyar (1989)
Rp. 93,2 milyar (inflasi 2023)

Referensi

  1. “BBP Centre Disewakan Untuk Perkantoran”. Jawa Pos, 19 Desember 1989.
  2. wan (1989). “Soelarso Resmikan Kantor AJB yang Dulu Mangkrak”. Surabaya Post, 18 Desember 1989.
  3. hds (1988). “Tiga gedung jangkung, mangkrak.” Surabaya Post, 1 Oktober 1988
  4. Web lama Bank Bumiputera, 20 April 2003

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *