Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kompleks Horison Arcadia Mangga Dua merupakan bagian dari proyek Pangeran Jayakarta Centre yang terdiri tak hanya hotel berlantai 16 dan apartemen berlantai 24, tetapi juga sekumpulan unit-unit rukan yang sudah jadi sejak 1994. Kompleks yang berada di selatan Wisma dan Mall Mangga Dua tersebut dikembangkan oleh Grup Brasali melalui Pacific Corponusa.

Pembangunan Hotel Horison Arcadia dimulai Agustus 1995, sementara apartemennya dilakukan terlebih dahulu pada Februari 1995. Menurut web resmi PT Tatamulia Nusantara, pembangunan kompleks ini selesai pada 1996; di laman lama mereka, Brasali menyebutkan pembangunan kedua blok ini selesai 1996, dan dibuka pada akhir tahun yang sama.

Apartemen Jayakarta Mangga Dua, Horison Arcadia Mangga Dua
Apartemen Jayakarta. Foto oleh mimin SGPC

Desain arsitektur Horison Arcadia Mangga Dua milik Grup Brasali melalui PT Pacific Corponusa menganut paham pascamodernisme, dan dipengaruhi oleh perpaduan modernisme, klasik Eropa dan vernacular Tiongkok melalui permainan warna dan pemakaian atap, dengan nuansa kontemporer di interiornya. Atap tersebut juga digunakan untuk mempermanis elevator shaft. Belakangan nuansa vernacular Tiongkok hilang pada gedung hotelnya karena skema warnanya dicat ulang, dan nuansa modern lebih kentara pada interiornya, per September 2016. Finishing gedung menggunakan cat.

Sistem pembangunan kedua gedung ini masih konvensional walau berada pada lahan sempit. Struktur pondasi tiang pancang, struktur utama juga konvensional dengan tangga di-prestress.

Hotel Ibis Mangga Dua, sekarang Hotel Horison Arcadia Mangga Dua
Sudah ganti tampilan. Foto oleh mimin SGPC

Secara properti, kompleks Horison Arcadia Mangga Dua terbagi ke dalam dua gedung. Pertama adalah apartemen berlantai 24 dan 2 basement yang menyediakan 100 unit apartemen yang terdiri dari beberapa jenis unit, dari 1 kamar tidur sampai 5 kamar seluas hampir 180 meter persegi. Standarnya, apartemen ini diklaim memiliki 144 unit dan rata-rata memiliki unit 4 kamar. Sayangnya, tidak ada data lebih lanjut mengenai apartemen tersebut.

Sementara Hotel Arcadia Mangga Dua by Horison memiliki 16 lantai dan 1 basement, menyediakan 202 kamar. Hotel berkelir putih ini memiliki 202 kamar dengan 5 jenis (Superior, Executive, Deluxe, Deluxe Executive dan Family Suite). Arcadia Mangga Dua juga memiliki bar dan restoran, dan balai sidang untuk 500 orang.

Sejak 2 Oktober 2017, atau setelah 21 tahun gedung ini berdiri dan beroperasi di bawah nama Ibis Mangga Dua, ia berubah nama menjadi Hotel Arcadia by Horison yang merupakan hasil kerjasama PT Metropolitan Golden Management (pemilik brand Horison) dan Pacific Corponusa (pengelola hotel), menyusul hotel sejenis di Surabaya.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaHotel & Apartemen Ibis Mangga Dua
AlamatJalan Pangeran Jayakarta No. 73 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Irsal Said (Perentjana Djaja)
PemborongTata Mulia Nusantara Indah
Lama pembangunan (Apartemen)Februari 1995 – 1996
Lama pembangunan (Hotel)Agustus 1995 – 1996
Jumlah lantai (Apartemen)24 lantai
Jumlah lantai (Hotel)16 lantai
Jumlah unit (Apartemen)144
Jumlah kamar (Hotel)202
Referensi: Perentjana Djaja; Tatamulia Nusantara Indah; Majalah Konstruksi #265 Desember 1997

Referensi

  1. Alexander Purba (1997). “Apartemen Ibis Mangga Dua: Gunakan Sistem Konvensional, Kendati Lahan Terbatas”. Majalah Konstruksi No. 265, Desember 1997, hal. 43-45.
  2. Web Perentjana Djaja
  3. Web lama PT Tatamulia Nusantara
  4. BlogHorison, 2 Oktober 2017
  5. Web lama Brasali Group, diarsip 30 Juni 2007
  6. Yuddy Kusuma (1998). “Modern Klasik Hotel & Residence Ibis Mangga Dua”. Majalah Konstruksi No. 266, Januari 1998, hal. 5-8
  7. Web Brasali Group, diakses 28 Agustus 2020. (arsip)
  8. Advertorial (1993). “Pangeran Jayakarta Palace, Hunian Eksklusif Bagi Para Pedagang”. Majalah SWA No. 7/IX, Oktober 1993, hal. 61-62.
  9. Web resmi Hotel Horison, diakses 28 Agustus 2020. (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *