Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Muhammad Sadli I adalah sebuah gedung perkantoran yang berada di Tebet, Jakarta Selatan, yang kini ditempati oleh Direktorat Jenderal Mineral & Batubara Kementerian ESDM, atau singkatnya Ditjen Minerba ESDM. Gedung berlantai 5 itu diresmikan oleh Menteri Tambang & Energi Dr. Soebroto sebagai kantor pusat Perum Tambang Batubara pada tanggal 22 Februari 1988.

Gedung Perum Tambang Batubara, sekarang Gedung Muhammad Sadli I
Selama sumbernya tercatat, tercatatlah gedung tak penting semacam Gedung Muhammad Sadli I.
Majalah Konstruksi, April 1988

Ia memiliki luas lantai 2.870 meter persegi ini dirancang oleh insinyur lokal bertalenta dari PT Pola Kencana Utama. Desain gedungnya hanya persegi panjang, dengan lantai 5 memiliki perluasan, dan dirancang khusus untuk penggunaan AC walau bisa dimungkinkan memanfaatkan cahaya dan udara alami.

Secara struktur, pondasi plat menerus, struktur beton rangka biasa, dengan atap lantai lima menggunakan rangka baja dengan dilapisi atap asbes. Finishing kaca bersunscreen dan lapis keramik putih – tipikal bangunan era Orba. Sayang finishing gedung ini sudah berubah wujud menjadi lapis komposit. Sementara lift terdiri dari 2 buah.

Dirancang untuk Perum Tambang Batubara yang hanya menempati gedung ini selama tiga tahun karena keburu dilebur ke PT Bukit Asam, melalui PP No. 56/1990, dan selanjutnya ditempati oleh Ditjen Minerba ESDM, menjadikan gedung ini salah satu dari beberapa kantor ditjen Kementerian ESDM yang berpencar selain kantor Ditjen Migas di Kuningan, Ditjen Energi Terbarukan di Cikini dan kantor utama di Medan Merdeka Selatan. Sejak 25 Juli 2019, nama kompleks Ditjen Minerba berganti menjadi Gedung Muhammad Sadli, mengabadikan nama mantan Menteri Pertambangan dan Energi era Kabinet Pembangunan II, tahun 1974-1979. Gedung eks Perum Batubara kini bernama Gedung Muhammad Sadli I.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Perum Tambang Batubara
AlamatJalan Professor Dr. Soepomo No. 10 Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekPola Kencana Utama
PemborongPembangunan Perumahan
Lama pembangunanselesai dibangun 1987
Diresmikan22 Februari 1988
Jumlah selesai5 lantai
Referensi: Konstruksi, April 1988/Ditjen Minerba ESDM

Referensi

  1. NN (1988). “Gedung Perum Batubara: Menampilkan bentuk yang khusus di lokasi tersembunyi”. Majalah Konstruksi, April 1988.
  2. Peraturan Pemerintah No. 56/1990 mengenai Pembubaran Perum Tambang Batubara.
Video YouTube dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM, yang menampilkan foto gedung Perum Batubara yang muncul di SGPC.
Video ini juga menjadi sumber tambahan untuk tulisan ini.

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *