Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung yang menurut beberapa orang tidak layak dijabarkan sejarahnya kami masukkan juga, kini di kawasan Matraman, Jakarta Timur. Ia adalah Kantor Pusat DAMRI, yang jelas-jelas sesuai namanya merupakan kantor pusat dari BUMN layanan angkutan umum antar daerah DAMRI, Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (nama resmi masih memakai ejaan pra-1945). Gedung yang ada saat ini berdiri di atas bekas kantor lama DAMRI.

Kantor Pusat DAMRI
Gedung tidak spesial lainnya. Saat ini warna cat kembali ke tampilan ala 1980an, semuanya berwarna putih, bukan lagi berbelang biru. Foto oleh mimin SGPC, CC-BY-SA 2.0

Gedung DAMRI memiliki lima lantai, bertambah 1 lantai dari rencana awal yang hanya memiliki empat lantai, dengan luas lantai total kurang lebih 2.800 m2. Empat lantai pertama dari gedung berarsitektur modern tersebut, berdasarkan pemberitaan Berita Yudha pada 6 Mei 1986, mulai dibangun bulan November 1984 hingga selesai dibangun tanggal 8 April 1986 dengan biaya konstruksi Rp. 812 juta rupiah (1986).

Tidak ada informasi arsitek dan kontraktor gedung ini, serta kapan terjadi penambahan lantai lima. Gedung yang kini dihimpit oleh Rumah Sakit Jakarta Heart Centre dan Sekolah Tinggi Perpajakan Jakarta itu akhirnya diresmikan oleh Menteri Perhubungan Roesmin Nurjadin pada tanggal 5 Mei 1986.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan Matraman Raya No. 25 Matraman, Jakarta Timur, Jakarta
Lama pembangunanNovember 1984 – April 1986
Diresmikan5 Mei 1986
Jumlah lantai5 lantai
Biaya pembangunanRp. 812 juta (1986)
Rp. 14,2 milyar (inflasi 2023)

Referensi

  1. “Pengelolaan perusahaan secara profesional merupakan keharusan dewasa ini.” Berita Yudha, 6 Mei 1986, hal. 7

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *