Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Pada akhirnya SGPC kembali ke model lama Tulisan Pendek Tentang Gedung individual – khusus Jakarta – setelah strategi menyatukan demi iklan ternyata tidak berjalan sesuai SEO. Inilah Gedung Konica di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, yang berlokasi dekat dengan kawasan Kementerian Keuangan RI. Gedung tersebut dikembangkan dan dikelola oleh PT Perdana Adiloka, anak usaha PT Perdana Bangun Pusaka yang sekarang menyalurkan produk fotokopi Ricoh yang kebetulan berkantor di gedung ini.

Gedung Konica
Gedung Konica sarat dengan pengaruh Dai Nippon. Foto oleh mimin SGPC

Gedung Konica, dari namanya saja, merefleksikan sejarah PT Perdana Bangun Pusaka yang dahulu menyalurkan kamera dan film merk Konica sebelum melebur dengan pabrikan fotokopi Jepang Minolta, membentuk Konica Minolta, namun entah bagaimana nama historis itu masih melekat. Ia dirancang oleh tim arsitek dari Grahacipta Hadiprana dan dibangun oleh Total Bangun Persada untuk struktur dan polesan interior dan Sumber Urip Alfa untuk polesan eksterior.

Pembangunan gedung berlantai 8 dengan luas lantai 5.400 m2 tersebut dimulai dari September 1991 hingga selesai sekitar awal 1993, kemungkinan ada penundaan dari rencana Agustus 1992; Gedung Konica diresmikan pemakaiannya pada tanggal 16 April 1993.

Secara arsitektur, Gedung Konica terkesan tidaklah istimewa meskipun rancangannya dibuat oleh Grahacipta Hadiprana. Dengan lahan sempit, lahirlah bangunan yang punya kesan kokoh, stabil dan megah dengan arah hadapan barat dan timur. Eksteriornya rigid, sarat kolom ala bangunan di Jepang, kata Petrus Henry, arsitek gedung ini. Bagian barat alias pintu masuk gedung ini tersedia kanopi.

Data dan fakta

AlamatJalan Gunung Sahari No. 78 Kemayoran, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekGrahacipta Hadiprana
PemborongTotal Bangun Persada (struktur, finishing interior)
Sumber Urip Alfa (finishing eksterior)
Lama pembangunanSeptember 1991 – 1993
Diresmikan16 April 1993
Jumlah lantai8 lantai
1 basement

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1992). “Info Proyek: Konica Head Office.” Majalah Konstruksi No. 168, April 1992, hal. 57
  2. Iklan Ucapan Selamat Peresmian Konica Building. KOMPAS, 13 April 1993 hal. 6
  3. Arsip web resmi Total Bangun Persada, diarsip 24 Agustus 2018

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *