Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung di Jalan Majapahit No. 28, dengan jumlah lantai lima dan postur yang panjang ini merupakan kantor pusat dari jasa pariwisata konvensional Smailing Tour. Dari penampilan, memang terlihat tidak spesial dan dianggap tidak memiliki nilai sejarah.

Acset dan Smailing Tour
Gedung Smailing Tour (kiri) dan ACSET. Foto oleh mimin SGPC

Namun, gedung tanpa identitas arsitek dan kontraktor tersebut, sebelumnya di atas bekas kantor Kedutaan Besar Inggris dan Standard-Vacuum. Pembangunan gedung ini dilakukan sebagai bagian dari perbaikan kualitas pelayanan dan juga citra dari penghuni gedungnya yang sebelumnya berkantor di Jalan Hayam Wuruk 2B-2C, yang kini sudah ditempati usaha lain.

Pembangunan gedung di Jalan Majapahit dengan luas lantai kasar 2.700 m2 selesai dan diresmikan pemakaiannya saat HUT ke-17 Smailing Tour pada minggu kedua Juli 1993 (12 Juli 1993), serta merogoh kocek perusahaan sebesar 6 milyar rupiah (1993, setara Rp. 60 milyar nilai 2022). Hingga saat ini perusahaan berlogo pesawat kerta itu masih berkantor di gedung sederhana ini walau berada ditengah gempuran Traveloka, Tiket dan Agoda (hmm, sebuah ironi karena kami berafiliasi dengan yang ketiga).

Data dan fakta

AlamatJalan Majapahit No. 28 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
Selesai dibangun1993
Diresmikan12 Juli 1993 (minggu ketiga Juli 1993)
Jumlah lantai5 lantai
Biaya pembangunanRp. 6 milyar (1993)
Rp. 60 milyar (inflasi 2022)

Referensi

  1. “Gedung Baru Smailing Tour.” Warta Ekonomi, 19 Juli 1993, hal. 74

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *