Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Gedung Bank Negara Indonesia (BNI) di Jalan M.T. Haryono No. 16, Kec. Semarang Timur, adalah gedung kantor bank berlantai lima yang seperti namanya merupakan kantor BNI untuk wilayah Kota Semarang. Gedung tersebu dibangun oleh PT Prasarana Marga (mimin senggol nama perusahaan ini di artikel kantor cabang BNI lain di Kramat Raya, Jakarta, Parahyangan Plaza dan Gedung Bank Dewa Rutji) mulai bulan Mei 1981 hingga selesai pada akhir bulan Mei tahun 1983. Jadinya 24 bulan penuh.

Gedung Bank Negara Indonesia (BNI) Semarang
Gedung BNI Semarang. Sekarang sejarahnya sudah tertebak. Foto oleh mimin SGPC

Gedung BNI Semarang diberitakan oleh harian Suara Merdeka (30 Mei 1983) sebagai sebuah gedung yang canggih dan aman, karena ia memiliki struktur beton bertulang yang tangguh dengan ketebalan maksimal 40 cm dengan pintu-pintu baja tebal untuk brankas. Ia memiliki tingkat keselamatan yang tinggi seperti alarm untuk teller bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta dipasangnya kamera CCTV, yang belakangan menjadi barang wajib buat kantor dan juga tempat usaha lainnya di Tanah Air.

Sementara ruang pelayanan, seperti biasanya ada di lantai satu, lantai tiga untuk ruang direksi dan rapat serta lantai lima digunakan sebagai ruang serbaguna bernama “Sanggar Swadharma”. Gedung dengan luas lantai 5.548 m2, berdiri di atas lahan seluas 3.600 m2 itu mulai digunakan sejak 30 Mei 1983, setelah sehari sebelumnya pihak BNI mengadakan acara syukuran penempatan gedung baru senilai Rp. 1,846 milyar (1983, setara Rp. 38,9 milyar nilai 2023) ini. Menteri Keuangan Radius Prawiro meresmikan pemakaian gedung ini pada tanggal 12 November 1983 – atau enam bulan setelah gedung digunakan.

BNI masih berkantor di gedung ini, sayangnya gedung tersebut telah berganti penampilan dari warna jendela sampai penambahan elemen arsitektur yang tidak perlu.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan M.T. Haryono No. 16, Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah
PemborongPrasarana Marga
Lama pembangunanMei 1981 – Mei 1983
Diresmikan30 Mei 1983 (syukuran)
12 November 1983 (resmi)
Jumlah lantai5 lantai
Biaya pembangunanRp. 1,84 milyar (1983)
Rp. 38,9 milyar (inflasi 2023)

Referensi

  1. Enggal Jaya (1983). “Gedung Baru BNI 1946 Semarang Dilengkapi Kaca Anti Peluru.” Suara Merdeka, 30 Mei 1983 hal. 6
  2. Iklan ucapan selamat dari Honda Nusantara Motor dan PT Prawita Jaya Baru. Suara Merdeka, 12 November 1983, hal. 11

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *