Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Menara Palma 1
Foto oleh mimin SGPC

Menara Palma adalah sebuah gedung pencakar langit yang berdiri di tanah berbentuk L di Jalan H.R. Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan. Gedung berlantai 30 dengan 3 basement tersebut, dipasangkan dengan gedung parkir 11 lantai dan 1 basement, dimiliki dan dioperasikan oleh PT Wanamitra Permai, anak usaha Darmex Agro yang bergerak di bidang perkebunan sawit. Gedung yang meruncing ke atas tersebut dirancang oleh Duta Cermat Mandiri pimpinan Ir. Budiman Hendropurnomo, dan dibangun oleh Decorient Indonesia mulai Oktober 2006 hingga sekitar Desember 2008 – empat bulan lebih lambat dari rencananya di bulan Agustus 2008.

Tidak banyak sejarah di balik gedung yang merupakan tetangga Ariobimo Sentral dan Gedung Ditjen Ketenagalistrikan ESDM, hanya arsitektur dan struktur serta hal-hal menarik dari gedung ini. Secara eksterior, Menara Palma dirancang dengan bentuk gedung yang meruncing ke atas tetapi asimetris, terdiri dari dua bidang yang miring ke dalam dan saling mendekat. Salah satu bidangnya dibuat lebih tinggi, dan desainnya yang tidak biasa lebih mencitrakan Darmex Agro sebagai perusahaan modern, dengan rancangan kontemporer dan “monumental”.

Penampilannya dipoles dengan eksterior lapis kaca yaitu kaca beremisi rendah yang anti radiasi dan kaca riben dengan paduan kanopi matahari. Tetapi kaca riben di sisi timur diganti dengan tabir surya (louvre), yang ditopang oleh aluminium (curtain wall). Menara Palma memiliki luas lantai 38.096 m2 untuk gedung kantor utama dan 11.319 m2 untuk gedung parkir. Gedung parkir, dilabeli annex building, juga menampung ruang kantor.

Secara struktur, gedung ini dirancang oleh Wiratman & Associates, berdiri di atas pondasi bored pile dan struktur atas menggunakan beton bertulang dengan balok, tembok geser dan kolom miring untuk mengakomodasi desain gedungnya. Karena penambahan jumlah tingkat dan luas lantai, kontraktor dan perancang struktur harus melakukan perkuatan struktur yang ada.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan H.R. Rasuna Said Blok X2 Kav. 6 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekDuta Cermat Mandiri/Denton Corker Marshall (arsitektur)
Wiratman & Associates (struktur)
PemborongDecorient Indonesia
Lama pembangunanOktober 2006 – Desember 2008
Jumlah lantai30 lantai + 1 basement
Referensi: Techno Konstruksi #1; Indonesia Design vol. 4 #18

Referensi

  1. Umi Suswatiani (2008). “Menara Palma: Memaksimalkan Kondisi Tanah.” Majalah Techno Konstruksi No. 1/I, Mei 2008, hal. 36-39
  2. ros (2007). “Menara Palma: Ikon Baru Jakarta.” Indonesia Design Vol. 4 No. 18, 2007, hal. 60-63
  3. Halaman resmi Menara Palma, diakses 26 Februari 2022 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *