Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Apartemen Golfhill Terraces Pondok Indah

Apartemen Golfhill Terraces alias Apartemen Bukit Golf di Pondok Indah adalah sebuah apartemen mewah yang berlokasi di Jalan Metro Kencana IV, Pondok Indah, Jakarta Selatan, bersebelahan dengan lapangan golf Pondok Indah dan apartemen Pondok Indah Golf.

Apartemen Golfhill Terraces
Apartemen Golfhill dari dalam kawasan Pondok Indah. Foto Google Street View

Apartemen dua blok yang masing-masing berlantai 19 dan dua basement ini merupakan proyek apartemen pertama Grup Brasali sepanjang berkecimpung di blantika real estat Indonesia, yang saat itu dikerjakan bersama dengan perusahaan Jepang Marubeni dan Tomen. Sebelumnya, Grup Brasali terlibat di Park Royale dan Ratu Plaza hanya sebagai pemegang saham minoritas.

Proyek Golfhill Terraces mulai dilakukan ditengah booming pembangunan apartemen di Jakarta saat itu. Pemasaran untuk tower pertama yang berstatus hak milik dimulai pada awal tahun 1993 dan laris dalam waktu 6 bulan; sementara apartemen sewanya baru dibuka operasionalnya pada Februari 1995. Keseluruhan blok dibangun oleh Sumicon Utama mulai pada minggu kedua Februari 1993 dan selesai dibangun keseluruhan dua tahun kemudian (Februari 1995) dan diserahterimakan apartemennya pada Mei 1995. Kompleks hunian mewah ini menghabiskan biaya Rp. 78,54 milyar rupiah (USD 35 juta nilai 1995) (setara Rp. 654,8 milyar nilai 2020)

Apartemen Golfhill Terraces dirancang oleh tim arsitektur dari Design International (selanjutnya Development Design Group dan sekarang bernama BCT Design Group), bersama dengan Perentjana Djaja dan Sumicon Utama, dengan gaya arsitektur pascamodern dan kebangkitan mediterania. Pihak Brasali Group mengatakan bahwa keputusan rancangan mediterania diambil karena suasananya yang cocok di daerah seasri Pondok Indah saat itu. Struktur dirancang oleh Sumicon Utama.

Secara lingkup properti, apartemen ini hanya terdiri dari tipe 3 kamar tidur dengan luas bervariasi (190 unit) dan 4 kamar tidur untuk penthouse (6 unit) dengan total 196 unit, atau 98 per blok. Pihak Brasali mengatakan alasan saat itu Golfhill Terraces hanya menawarkan tipe 3 kamar tidur adalah fungsi utama sebagai apartemen keluarga eksekutif. Fasilitas yang diberikan terdiri dari kolam renang, lapangan tenis/bulutangkis/basket, sasana kebugaran, rumah makan, minimarket, pusat bisnis dan laundry.


Iklan

Data dan fakta

Nama lainApartemen Bukit Golf Pondok Indah
Jumlah menara2
AlamatJalan Metro Kencana IV Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekDevelopment Design Group (arsitektur)
Perentjana Djaja (architect of record)
Sumicon Utama (architect of record, struktur)
PemborongSumicon Utama
Lama pembangunan (kedua menara)Februari 1993 – Februari 1995
Jumlah lantai (kedua menara)18 lantai
2 basement
Biaya pembangunanRp. 78,5 milyar (1995)
Rp. 654,8 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #209 Agustus 1995; Warta Ekonomi 8/2/1993

Referensi

  1. Dwi Ratih; Saptiwi Djati Retnowati (1995). “Nuansa Mediterania Untuk Apartemen Bukit Golf”. Majalah Konstruksi No. 209, Agustus 1995, hal. 59-62
  2. Farid Mahmud; Ferry Firdaus (1993). “Sebuah Apartemen Bergaya Mediteranian”. Warta Ekonomi, 8 Februari 1993, hal. 29
  3. Bineratno (1995). “Soft Opening Golfhill Terrace II”. Majalah Properti Indonesia No. 14, Maret 1995, hal. 12
  4. Arsip laman resmi Development Design Group, diarsip 9 Februari 1999
  5. Arsip laman resmi Sumicon Utama, diarsip 10 Januari 2012
  6. Arsip laman resmi Apartemen Golfhill Terraces, diarsip 19 Mei 2017

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *