Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Istana Pasar Baru adalah sebuah pusat perbelanjaan dan gedung parkir di kawasan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Pintu Air Raya ini sebelumnya adalah milik Peddy Wongsowidjojo yang mencoba mengadu nasibnya di properti ritel. Ia adalah pusat perbelanjaan kedua yang berdiri di kawasan ini di paruh akhir 1980an setelah Metro Atom Plaza, namun mendahului King Plaza yang baru selesai beberapa bulan berikutnya setelah mal ini

Istana Pasar Baru
Gedung parkir terbesar di Pasar Baru. Foto oleh mimin SGPC

Memiliki 10 lantai keseluruhan (7 lantai parkir dan 3 lantai niaga), gedung yang awalnya diperuntukkan sebagai sarana parkir kawasan Pasar Baru dan pusat perbelanjaan ini dirancang oleh tim arsitek internal dari pengembang Panca Permata Harapan, dengan Wieke Yahya Dipl. Ing. dan Ir. Arie Soeharto IAI sebagai perancangnya, sementara strukturnya ditangani Wiratman & Associates.

Sebagai gedung parkir, Istana Pasar Baru memiliki luas lantai sekitar 25 ribu meter persegi, masing-masing 10,5 ribu meter persegi ritel dan sisanya 14,5 ribu meter persegi parkir, menampung kurang lebih 500 kendaraan. Gedung parkir ini memiliki akses langsung ke kawasan Pasar Baru, yang sayangnya dipenuhi pedagang kaki lima.

Pembangunan Istana Pasar Baru dimulai pada 16 Maret 1987 melalui upacara pemancangan tiang oleh Gubernur DKI Jakarta R. Soeprapto, dan menghabiskan biaya Rp. 15 milyar nilai 1987 (bila SGPC benar). Istana Pasar Baru sudah digunakan per November 1989 sebagai bagian dari penataan parkir Pasar Baru. Tetapi, biaya sewa yang tinggi dibanding toko disebelahnya membuat banyak calon tenant, yang merupakan pedagang eceran, enggan memasuki Istana Pasar Baru, dan Peddy sendiri harus mengambil risiko tinggi memangkas harga sewanya. Salah satu tenant kuat yang pernah menempati ruang pusat perbelanjaan Istana Pasar Baru adalah Andria Department Store (buka 30 November 1989), yang sekarang menjadi gedung perkantoran dan toko di lantai 1.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Pintu Air Raya No. 58-64 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekWieke Yahya dan Arie Soeharto (PT Panca Permata Harapan, arsitektur)
Wiratman & Associates (struktur)
Lama pembangunanJanuari 1987 – 1989
Jumlah lantai10 (3 ritel + 7 parkir)
Kapasitas parkir500
Biaya pembangunanRp. 15 milyar (1987)
Rp. 236,5 milyar (inflasi 2023)
Referensi: Majalah Konstruksi #109 Mei 1987

Referensi

  1. “Istana Pasar Baru mulai dibangun”. Majalah Konstruksi No. 109, Mei 1987, hal. 18-19
  2. Web resmi Istana Pasar Baru, diarsip 1 Februari 2008
  3. sep (1989). “Segera difungsikan, Gedung Parkir di Kawasan Pasar Baru”. KOMPAS, 2 November 1989, hal. 5
  4. Iklan Andria Department Store. Suara Pembaruan, 30 November 1989, hal. 9
  5. Didin Abidin Masud (1997). “Pergulatan 26 Manajer Indonesia Menuju Sukses.” Jakarta: Elex Media Komputindo. Halaman 99

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *