Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Atrium Mulia adalah sebuah gedung berlantai 9 yang berlokasi di kawasan bisnis Kuningan alias H.R. Rasuna Said, Jakarta, seberang jalan kantor baru Komisi Pemberantasan Korupsi. Dirancang oleh tim arsitek dari Jepang, Nihon Architects (atau sekarang bernama Nihon Sekkei), yang juga merancang Apartemen Park Royale dan Plaza Kuningan tidak lama kemudian di dekade 1980an, Atrium Mulia dikembangkan dan dikelola oleh grup Bumi Mulia Perkasa Development, yang kini bagian dari konglomerasi properti Mulialand.

Atrium Mulia
Foto oleh mimin SGPC

Atrium Mulia selesai dibangun pada tahun 1983 sebagai The Atrium. Di sebuah iklan KOMPAS terbitan 20 Mei 1983, gedung tersebut diiklankan sudah bisa ditawarkan ruangannya per Oktober 1983. Gedung dengan luas lantai bersih 19.520 meter persegi itu dikenal sebagai gedung perkantoran dengan atriumnya yang sangat besar (40 meter, bisa dikatakan tinggi gedung keseluruhan), yang lantainya dilapisi granit, sesuai dengan namanya. Eksterior Atrium Mulia yang berlapiskan kaca, dengan rangka aluminium hitam, membuat gedung ini menjadi pionir gedung-gedung berlapis kaca setelah Wisma Kosgoro pada tahun 1976.

Kemungkinan Jaya Ohbayashi membangun gedung The Atrium berlantai sembilan ini berdasarkan iklan patungan tersebut di buku Visualisai Hasil Pembangunan Orde Baru tahun 1984. Adapun Atrium Mulia saat ini lebih beken sebagai kantor dari Rajawali Televisi (rtv), sebelumnya gedung ini pernah ditempati Lippolife dan Lippobank (yang memberi nama gedung ini Lippo Life Building di dekade 1980an akhir dan 1990an) dan Telkomsel.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaThe Atrium
Lippo Life Building
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. B10-11 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekNihon Sekkei
PemborongJaya Ohbayashi
Selesai dibangun1983
Jumlah lantai9 lantai
Referensi: KOMPAS 25/6/1984; Mulialand

Referensi

  1. Web resmi Mulialand, diakses 8 Juni 2020 (arsip)
  2. KOMPAS, 20 Mei 1983 (iklan The Atrium)
  3. DP (1984). “Bisnis Perkantoran di Kawasan Segi Tiga Emas.” KOMPAS, 25 Juni 1984, hal. 1
  4. NN (1984). “Visualisasi hasil pembangunan Orde Baru Pelita I, Pelita II, Pelita III” (Volume 2). Jakarta: Dumas Sari Warna. Iklan Jaya-Ohbayashi Gumi, halaman belakang dibawah iklan Gesuri Lloyd.

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *