Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Jiwasraya Gondangdia selintas terlihat biasa saja, tidak ada yang spesial. Berlantai 4, luas lantai 2.528 meter persegi dan bergaya pascamodern. Konsultannya hanya firma lokal, yaitu Patroon Arsindo, saat pembangunan dipimpin oleh Ir. Firmansyah IAI. Yang bikin spesial dari gedung ini hanya satu, tulisan mengenai bangunan ini tercetak di Majalah Konstruksi di edisi yang sama dengan bintang arsitektur Indonesia, Wisma 46. Tapi dari aspek lain, tidak ada yang spesial seperti struktur dan tenant.

Dalam artikel tersebut, Gedung Jiwasraya Gondangdia membawa citra proteksi dan perlindungan, sesuai dengan citra Jiwasraya yang merupakan BUMN asuransi, yang diwakilkan oleh lengkung ke bawah pada bagian atas bangunan; dan pada hadapan barat gedung juga terdapat lengkung ke dalam, dilapisi oleh granit, berguna sebagai pemantul sinar matahari. Penangkal petir dipasang di bagian dekoratif yang merupakan pengejawantahan dari penyesuaian konteks sekitar yang didominasi gedung bergaya kolonial Belanda.

Gedung Jiwasraya Gondangdia
Nirkontribusi pada cakrawala. Foto oleh mimin SGPC

Kapan gedung ini dibangun dan siapa pemborongnya, masih jadi tanda tanya. Tetapi bila mengacu pada tanggal penerbitan di majalah Konstruksi, SGPC memperkirakan gedung ini selesai dibangun akhir 1995, atau awal 1996.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan R.P. Soeroso No. 41 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Firmansyah (Patroon Arsindo)
Selesai dibangun~1995-1996
Jumlah lantai4 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #239 November 1996

Referensi

  1. J. Suramihaja (1996). “Gedung Beridentitas”. Majalah Konstruksi No. 239, November 1996

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *