Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Di sebelah tenggara Gedung Graha Mitra, berdiri sebuah gedung tinggi berlantai 20 bernama Wisma Argo Manunggal, atau dulu bernama Wisma Gunung Sewu. Gedung tersebut awalnya dikembangkan oleh PT Gunung Sewu Kencana dan diperkirakan selesai dibangun sekitar Oktober 1983 berdasarkan iklan Wisma Gunung Sewu yang dipasang di harian KOMPAS pada 31 Maret 1983, pemberitaan Berita Yudha pada 1 Maret 1983 dan foto yang dipasang di majalah berita TEMPO edisi 24 September 1983 walau tidak menyinggung gedung ini secara langsung.

Wisma Argo Manunggal
Barang KW. Foto oleh mimin SGPC

Sangat disayangkan bila detail Wisma Argo Manunggal minim, mengingat beberapa orang termasuk tahulah anda siapa itu Setiadi Sopandi, secara langsung kepada mimin SGPC, mengatakan gedung ini merupakan KW-nya Knights of Columbus Building di kota New Haven, Connecticut, Amerika Serikat karya Roche-Dinkeloo yang selesai dibangun di akhir tahun 1969. Kini gedung dengan luas lantai sewa 16.460 m2 itu dimiliki dan ditempati oleh Alam Sutera, pengembang milik Grup Argo Manunggal.

Data dan fakta

Nama lamaWisma Gunung Sewu
AlamatJalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 22 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
Selesai dibangun1983
Jumlah lantai20 lantai

Referensi

  1. “Gunung Sewu Group Bangun Gedung Perkantoran.” Berita Yudha, 1 Maret 1983, hal. 6. Diakses via Museum Pers Nasional
  2. Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia (1986). “Gedung Perkantoran di Jakarta 1986.” Jakarta: Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia. Hal. 62
  3. “Biar Kosong asal Jangkung.” TEMPO, 24 September 1983

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *