Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Apartemen Cilandak, sebelumnya bernama Inggris “Cilandak Resort Apartments,” adalah apartemen berlantai 6 yang berdiri di belakang pusat belanja Cilandak Town Square (Citos). Ia merupakan bagian dari kompleks Cilandak Sports Centre (CSC) yang memulai operasionalnya sejak 14 Maret 1989 – yang juga disalahkirakan banyak orang, bahkan pewarta Berita Yudha (3/8/1997) dan penulis buku Tan Hock Beng, sebagai tahun berdiri Cilandak Resort Apartment.

Seluruh arsitektur kawasan ini dirancang oleh Grahacipta Hadiprana (Bank Danamon Prapatan, dan diklaim oleh perancang sebagai apartemen pertama yang mereka tangani, tetapi pemborong maupun lama konstruksinya tak jelas. Dalam pemberitaan Media Indonesia, Apartemen Cilandak Citos sudah mulai digunakan sejak 1 September 1991.

Karena lokasinya yang agak terkesan ke pelosok saat itu, dan jarang diliput media, selain harian Media Indonesia dan Berita Yudha, maka apartemen ini menjadi sedikit tak terdeteksi radar industri properti Tanah Air. Namun, dibalik kesenyapannya, apartemen ini cukup diminati baik dari penghuni biasa hingga penikmat olahraga karena lokasinya yang dekat dengan Cilandak Sports Centre.

Apartemen ini detailnya minim, menampung 48 unit apartemen, dari 1 kamar tidur sampai 3 kamar tidur, luasnya ada di rentang 68 sampai 164 meter persegi. Apartemen ini juga terhubung ke baik Sports Club Citos dan Citos itu sendiri.

Baik apartemen maupun pusat olahraga dan mal Citos dikelola oleh PT Mitrasraya Adhijasa, sebuah anak usaha dari IFG Life setelah 24 tahun di bawah pengelolaan Asuransi Jiwasraya, yang mengakuisisi seluruh pengelolaan Cilandak Sports Centre dan Apartemen Cilandak Citos dari Yayasan Dana Pensiun Timah (pengelola lama dari 1989-1996) sejak 1 Juli 1996.

Lihat foto apartemennya disini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan T.B. Simatupang Kav. 17 Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekGrahacipta Hadiprana
Selesai dibangun1 September 1991
Jumlah lantai6 lantai
Jumlah unit48 buah

Referensi

  1. Edwin Tirani (1994). “Cilandak Resort Apartments: Khusus Untuk Pasar Lapisan Atas.” Media Indonesia, 18 Maret 1994.
  2. sul (1997). “Cilandak Sports Centre, andalkan saksi bisu petenis dunia.” Berita Yudha, 3 Agustus 1997, hal. 8
  3. Tan Hock Beng (1999). “Grahacipta Hadiprana: Indonesian Accents.” Singapura: Page One Publishing. Hal. 211
  4. “Ginanjar resmikan kompleks olahraga milik YDP PT. Timah.” Harian Ekonomi “Neraca”, 15 Maret 1989, hal. 10
  5. Halaman resmi Mitrasraya Adhijasa, diakses 10 Desember 2023 (arsip)
  6. Wibi Pangestu Pratama (2020). “Konsorsium WIKA beli Cilandak Town Square dari Jiwasraya.” Bisniscom, 29 Maret 2020. Diakses 10 Desember 2023 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *