Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Tepat bersebelahan dengan Louis Kienne Simpang Lima adalah kompleks pertokoan yang merupakan salah satu gedung niaga terlama di Simpang Lima (Lapangan Pancasila) Semarang yang masih berdiri (yang kedua adalah Gajah Mada Plaza alias E-Plaza yang sudah digusur). Orang lebih suka menyebut kawasan ini eks Super Ekonomi walaupun dalam penelusuran SGPC ditemukan iklan peresmian supermarket Micky Morse di kawasan ini. Lebih lanjut baca paragraf berikutnya.

Mall Skala Kecil di Semarang
Foto oleh mimin SGPC

Proyek Pertokoan Simpang Lima, alias “Supermarket” awalnya dikembangkan oleh sebuah komanditer bernama CV Bambu Semarang dan dibangun oleh Wijaya Kusuma Contractors mulai bulan April 1976 hingga rampung keseluruhannya pada Agustus 1977. Beberapa pemilik toko sudah menggelar aktivitasnya di kawasan ini per Oktober 1977 sembari menunggu peresmian penuhnya oleh Walikota Semarang saat itu Hadijanto, yang baru terealisasi pada tanggal 23 September 1978 dalam sebuah upacara pengguntingan pita dan pembukaan kunci eskalator. Dalam sambutannya, Walikota berharap keberadaan pertokoan ini dapat memudahkan masyarakat yang jauh dari pusat pertokoan Johar maupun Peterongan.


Iklan

Itu artinya pertokoan ini adalah gedung pertama di Semarang dengan eskalator. Namun, untuk supermarketnya baru terealisasi lima tahun kemudian, tepatnya 18 Mei 1983, saat merk lokal Micky Mouse (jadi Micky Morse beberapa tahun kemudian – disomasi The Walt Disney Co.?) mulai berdagang di kawasan pertokoan ini. Namun, keberadaan Micky Morse tidak bertahan lama dan sempat tutup. SGPC tidak tahu pasti kapan, mungkin awal 1994 karena sempat membaca selentingan di harian Suara Merdeka dan belum sempat didokumentasikan.

Pertokoan Simpang Lima Semarang
Sudut pertokoan Supermarket per 2022. Foto oleh tim Skyscrapercity Semarang

Pada 1 Desember 1995, Matahari membuka Super Ekonomi, yang selanjutnya menjadi Matahari Department Store, di bekas Micky Morse. Sayangnya, ini tidak bertahan lama juga dan tutup sejak kuartal IV 2001 per data daftar outlet Matahari 31 Desember 2001.

Pertokoan ini seluruhnya berlantai dua, menyediakan 26 unit rukan dan 70 toko, dengan luas gedung total mencapai 9.537 m2. Sekarang pusat pertokoan ini masih berfungsi sebagaimana mestinya sebagai kantor dan pertokoan, hanya saja Pemkot Semarang menyediakan tenda untuk pengusaha lemah/UMKM di lapangan parkir depan rukan ini.

Data dan fakta

Nama lain“ex-Super Ekonomi”
Supermarket Micky Morse
AlamatJalan Simpang Lima Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah
PemborongWijaya Kusuma Contractors
Lama pembangunanApril 1976 – Agustus 1977
Diresmikan23 September 1978
Jumlah unit rukan96 buah
Jumlah lantai2 lantai

Referensi

  1. wo; sg (1978). “Walikota Peringatkan Keras Pemborong Yg Kurang Perhatikan Mutu Bangunannya.” Suara Merdeka, 25 September 1978, hal. 2
  2. Iklan ucapan selamat pembukaan Supermarket Micky Mouse. Suara Merdeka, 18 Mei 1983, hal. 6-7
  3. Daftar gerai Matahari per 31 Desember 2001, diarsip 3 September 2004

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Atau, bila anda berminat dengan artikel majalah yang dikutip oleh blog ini, sekaligus butuh referensi, belilah di TORSIP SGPC!


Bagaimana pendapat anda......

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights