Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Menara Da Vinci & Apartemen Sahid Sudirman
Menara Da Vinci dengan tampilan gotik. Foto oleh mimin SGPC

Menara Da Vinci adalah sebuah pencakar langit yang berlokasi diantara superblok Sahid dan MidPlaza, memiliki 34 lantai, satu besmen, memiliki tinggi 159 meter dan diisi mayoritas oleh apartemen super-mewah dan showroom dari perusahaan furnitur mewah Da Vinci Indonesia.

Menara Da Vinci berdiri di lahan bekas gedung kantor dan dealer mobil Holden milik PT Udatimex berlantai sekitar 6. Gedung tersebut dibongkar pada tahun 1990an untuk membangun gedung Menara Berlian Udatimex berlantai 32 rancangan Megatika Internasional dan dibangun oleh Multibangun Adhitama Konstruksi. Sayangnya proyek tersebut, yang kemungkinan berjalan sejak tahun 1996, terhenti sejak bulan September 1997 karena krismon.

Setelah proyek Menara Berlian dibeli Da Vinci Indonesia, perusahaan furniture mewah milik Doris dan Tony Phua, konstruksi dilanjutkan pada bulan Agustus 2000 serta mengubah peruntukkan dari perkantoran menjadi apartemen, dan desain pascamodern-nya berubah menjadi revivalisme klasik (klasik plastik). Proyek tersebut rampung sekitar 2003.

Menara Da Vinci dirancang dengan gaya arsitektur klasik “plastik” yang beratapkan kubah dengan podium didominasi oleh jendela kaca patri ala katedral Gotik, mengesankan penampilan klasik yang menyihir banyak orang yang awam dunia arsitektur. Di balik tampilan tersebut, gedung ini dilapisi oleh beton kaca alias GRC dengan cat flexi-shield dan jendela 3 lapis untuk keamanan dan peredam suara.

Gedung Udatimex, 1974. Foto: tidak diketahui/Majalah Cipta

Secara properti, jumlah unit yang tersedia hanya sepersepuluh jumlah unit apartemen mewah terdekat, yaitu Plaza Residences dan lima persen dari Sahid Sudirman Residence; semakin menegaskan citra eksklusif dan super mewahnya. Keseluruh 30 unit yang ditawarkan semuanya memiliki empat kamar tidur seluas 453 m2 dan 416 m2 dan setiap lantainya hanya memiliki 2 unit dari lantai 13 sampai 27. Sisanya, dari lantai 28-34 diisi oleh apartemen griya tawang, total 8 buah. Masih tidak dijelaskan detail griya tawang tersebut. Interiornya kebanyakan menggunakan material impor dari Italia, baik dari polesan, material interior hingga perabotannya, dengan tinggi plafon mencapai 3 sampai 4 meter.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaMenara Berlian Udatimex
AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 12 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekMegatika Internasional
PemborongMultibangun Adhitama Konstruksi
Lama pembangunan1996 – 2002
Jumlah lantai34 lantai
1 basement
Tinggi gedung (CTBUH)159 meter
Jumlah unit38

Referensi

  1. Arsip halaman resmi Da Vinci Indonesia, diarsip 15 September 2016
  2. Arsip laman resmi Multikon, diarsip 18 Januari 2007
  3. Arsip halaman resmi Da Vinci Penthouse, diarsip 31 Agustus 2008
  4. Arsip halaman resmi Megatika Internasional, diarsip 3 Januari 2002
  5. Hadi Prasojo (1997). “Sewa Masih Ada Harapan”. Majalah Properti Indonesia No. 47, Desember 1997. Hal. 22-23
  6. Davinci Apartemen.” Citradata, September 2000. Diakses via Megakonstruksi, diarsip 18 Mei 2003

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *