Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Avian Tower, atau bila diindonesiakan bernama Menara Avian, adalah gedung perkantoran berlantai 20 yang dibangun sebagai kantor pusat dari PT Avia Avian, perusahaan cat terkemuka. Gedung tersebut dirancang oleh tim arsitek dari Archimetric dengan Ivan Priatman sebagai ujung tombaknya, dan dibangun oleh BUMN kontraktor Waskita Karya. Pembangunan Avian Tower dimulai sekitar 2014 hingga selesai dibangun pada tahun 2018, dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 2 November 2018, bertepatan dengan rangkaian HUT Avian Paints.

Avian Tower
Gedung mlintir gerbang baru Kota Surabaya. Foto oleh mimin SGPC

Untuk sebuah gedung baru, informasi selain arsitektur gedung dengan luas lantai 12 ribu meter persegi ini, anehnya, minim. Avian Tower yang menjadi salah satu tetengger di Bundaran Waru (menyaingi City of Tomorrow dan Graha Pangeran) dibuat terpelintir 60 derajat dari lantai satu ke lantai atas, memberi ilusi bergerak dan memelintir (molet, mlintir atau meliuk) selama anda memandang gedung tersebut dari kendaraan bermotor yang melewati tol Bandara – Bundaran Waru. Posisi gedungnya melintang ke arah barat dan timur untuk mengantisipasi paparan sinar matahari pada gedung.

Namun, dibalik tampilan eksterior gedung yang terlihat keren dan nyentrik, struktur yang digunakan biasa saja, dengan struktur beton dan dan baja, dimana kolom terluarnya memelintir mengikuti penampilan luar gedung. Eksterior dilapisi oleh curtain wall kaca berlapis ganda biasa, yang mengurangi panas matahari masuk ke dalam interior bangunan, dibuat oleh pabrikan lokal. Sementara interiornya yang didominasi warna hijau-putih dirancang oleh tim dari M Moser Associates.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Ahmad Yani No. 317 Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekIvan Priatman (Archimetric, arsitektur)
M. Moser Associates (interior)
PemborongWaskita Karya
Lama pembangunan2014 – 2018
Diresmikan2 November 2018
Jumlah lantai20 lantai
1 basement
Tinggi gedung84 meter
SignifikasiArsitektur (tampilan unik)
Referensi: Avian Brands; Construction+ 28/09/2018

Referensi

  1. Halaman resmi Avian Paints, diakses 26 Oktober 2021 (arsip)
  2. Avian Tower.” Construction+ Asia, 28 September 2018. Diakses 26 Oktober 2021 (arsip)
  3. Nicole Manalac (2019). “A Playful “Twist” in the Surabayan Skyline.” Indonesia Design, 23 Juli 2019. Diakses 26 Oktober 2021 (arsip)
  4. Sri Handi Lestari (2018). “Gedung “Molet” Milik Avian Brand Diresmikan di Surabaya.” SURYA, 2 November 2018. Diakses 26 Oktober 2021 (arsip)
  5. Halaman resmi PT Polareka Fasadindo, diakses 26 Oktober 2021 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *