Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Wisma Millenia adalah sebuah gedung perkantoran yang bertempat di kawasan Jalan M.T. Haryono dan bersebelahan dengan Graha Pratama dan Wisma Pede. Gedung tersebut dirancang oleh Arkonin dan selesai dibangun sekaligus mulai digunakan pada tahun 1993.

Ia bergaya arsitektur pascamodern dengan atap membulat di puncak (a la Plaza 89), menyediakan 10 lantai untuk perkantoran, dilengkapi dengan fasilitas serbaguna di lantai teratas sekaligus fasilitas seperti perpustakaan dan ruang musik, dengan luas lantai total 20.168 m2, 11.700 m2 disewakan.

Dalam sejarahnya, Wisma Millenia pernah menjadi kantor pusat Bank Tiara milik Grup Ometraco dan bernama Wisma Bank Tiara hingga di-BTO Badan Penyehatan Perbankan Nasional dan dimiliki oleh Ometraco Land, afiliasi lain Bank Tiara yang akhirnya ganti nama menjadi Omega Propertindo pasca krismon ’98, sejak Oktober 1993. Tidak ada informasi kapan Indonesia Paradise Property mencaplok saham kepemilikan mayoritas Omega Propertindo, yang akhirnya dilepas di bulan Desember 2018.

Hampir sama dengan kakaknya di Surabaya, Wisma Millenia ditempati oleh Japfa Comfeed, tetapi sebagai kantor pusatnya.

Wisma Millenia
Foto oleh mimin SGPC

Data dan fakta

Nama lamaWisma Bank Tiara
AlamatJalan M.T. Haryono Kav. 16 Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekArkonin
Selesai dibangun1993
Jumlah lantai10 lantai
Referensi: Mitra Pembangunan Jaya; Arkonin

Referensi

  1. PT Mitra Pembangunan Jaya (2018). “PT Pembangunan Ibukota Jakarta Raya: Perkembangan Perkotaan dan Arsitektur Jakarta.” Jakarta: PT Mitra Pembangunan Jaya. Halaman 45
  2. Arsip halaman resmi Arkonin, diarsip 26 Februari 2005
  3. Annual Report Indonesian Paradise Property 2016, diarsip 18 November 2016
  4. Annual Report Indonesian Paradise Property 2018, diarsip 20 April 2021
  5. Andy Dwijayanto (2018). “INPP jual seluruh saham di Omega Propertindo“. KONTAN, 14 Desember 2018. Diakses 19 April 2021 (arsip)
  6. Prospektus ringkas Ometraco Finance. Harian Ekonomi “Neraca”, 20 Oktober 1993 hal. 6-7
  7. Halaman resmi Japfa Comfeed, diakses 30 November 2023 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *