Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Plaza Sentral, atau dulunya Central Plaza adalah sebuah gedung perkantoran yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, berlokasi diantara Rumah Sakit Jakarta dan Sampoerna Strategic Square. Gedung ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Anugrah Primatama Agung, yang sebagian kepemilikannya adalah milik Grup Salim.

Plaza Sentral
Foto oleh mimin SGPC

Gedung berlantai 21 ini selesai dibangun di tahun 1984, dan memiliki luas lantai 22 ribu meter persegi, berdasarkan informasi dari broker real estate Jones Lang LaSalle.

Ketika dibangun, iklan Plaza Sentral (difoto dibawah), seperti iklan beberapa gedung perkantoran lain, menonjolkan keamanan kebakaran, terutama di awal dekade 1980an, saat marak kebakaran di instalasi-instalasi niaga. Sayangnya, Setiap Gedung Punya Cerita tidak menemukan banyak informasi mengenai siapa arsitek gedung ini, catatan sejarah maupun pemborongnya, ironisnya mengingat gedung ini berlokasi di kawasan paling strategis di Jakarta.

Central Plaza Tempo 23 Juni 1983
TEMPO, 23 Juni 1983

Referensi

  1. Tempo, 23 Juni 1983 (iklan Central Plaza)
  2. Richard Borsuk; Nancy Chng (2014). “Liem Sioe Liong dan Salim Group: Pilar Bisnis Soeharto”. Jakarta: KOMPAS.
  3. Data dari Jones Lang LaSalle, diakses 9 April 2021 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *