Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Hotel Mercure Jakarta Kota adalah hotel berlantai 17 dan 243 kamar di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Dirancang oleh tim arsitek Han Awal & Partners (Universitas Atmajaya Jakarta), Hotel Mercure milik keluarga Sosrodjojo ini dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan mulai bulan April 1996 hingga selesai dibangun pada Oktober 1997, dan peresmiannya dilakukan sebulan kemudian sebagai Hotel Mercure Rekso. Mercure Jakarta Kota berbintang empat, dan dioperasikan oleh Accor International selaku pemegang merk dagang Mercure.

Hotel Mercure Jakarta Kota
Hotel Mercure Jakarta Kota. Foto oleh mimin SGPC

Sebelum hotel Mercure Rekso dibangun, berdiri sebuah hotel bernama Hotel Chiao Tung, yang kemudian berganti nama menjadi Hotel Wisata Djaja. Grup Rekso yang terkenal sebagai pemilik produsen minuman Sosro dan pengelola McDonalds, melalui Adhi Putra Mulia, membeli hotel ini pada tahun 1989.

Hotel Mercure Jakarta Kota (Agoda/Booking) dengan 243 kamar terbagi menjadi empat tipe kamar yaitu superior 1 kasur double, superior dua kasur single, deluxe dan executive deluxe. Hotel berbintang empat tersebut memiliki dua rumah makan, yaitu Spice (internasional) dan Chiao Tung (Tionghoa, sebagai penghormatan nama lama hotel sebelum Mercure Jakarta Kota berdiri), dan memiliki bar minum Kirana Bar. Ia juga memiliki balroom Rekso Gradhika berkapasitas maksimum 550 orang, dan 5 ruang rapat. Untuk bersantai, hotel ini memiliki kolam renang, sasana kebugaran dan sauna.

Hotel Mercure Rekso dirancang oleh tim arsitek dari Han Awal & Partners. Dirancang dengan gaya pascamodern, gedung berlantai 17 ini dirancang terlepas dari kekakuan untuk mempertahankan hotel lamanya, tetapi masih dipengaruhi oleh desain arsitektur kolonial Belanda.

Pemilihan warnanya lekat dengan nuansa teh, cokelat dan kuning. Perancangan hotel tersebut memakan waktu 6 tahun karena iklim ekonomi di Indonesia. Struktur gedung menggunakan pondasi frankipile sedalam 18 meter, dengan struktur atas beton bertulang dengan tiga tembok geser pada sisi barat dan timur gedung, dan core gedung.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaHotel Mercure Rekso
AlamatJalan Hayam Wuruk No. 123 Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta
ArsitekHan Awal & Partners (arsitektur)
Davy Sukamta & Partners (struktur)
Parama Loka Consultant (interior)
PemborongPembangunan Perumahan
Lama pembangunanApril 1996 – Oktober 1997
DibukaNovember 1997
Jumlah lantai17 lantai
2 basement
Jumlah kamar243
Biaya pembangunanRp 100 milyar (1997)
Rp 720 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #263 November 1997; Pembangunan Perumahan

Referensi

  1. Umi S. Ayus (1997). “Hotel Mercure Rekso Hayam Wuruk”. Majalah Konstruksi No. 263, November 1997, hal. 48-51.
  2. Laman resmi Hotel Mercure Jakarta Kota, diakses 6 September 2020 (arsip).
  3. Arsip laman resmi PT PP, diarsip 3 Oktober 2003
  4. Hideko (2012). “Sosro Memang Ahlinya Bisnis“. Inilah, 29 Oktober 2012. Diakses 6 September 2020 (arsip).

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *