Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kantor cabang Bank Mandiri di Jalan WR Supratman, Kota Bandar Lampung awalnya merupakan kantor cabang Bank Ekspor-Impor Indonesia mulai 1981 hingga melebur pada 1999. Gedung rancangan Ir. Hilman Makbul dan Ir. Hindro T. Soemardjan bersama dengan Studio T ini dibangun oleh Bangun Tjipta Sarana mulai tahun 1979 dan selesai dibangun pada tahun 1981, dengan biaya 670 juta rupiah (1981, setara Rp. 17 milyar nilai 2020).

Gedung tersebut, dengan luas hanya 3 ribu meter persegi ini dirancang memanfaatkan suasana daerah sekitar yang membukit dan berhadapan langsung ke lautan, menonjolkan karakter gedung dan penghuninya yang kokoh dan terbuka (realitanya, pohon dan rumah penduduk menutupi posisi bank). Di mata mimin SGPC, gedung ini ibarat sebuah monumen arsitektur modern yang sangat terlupakan.

Referensi

  • Ikatan Arsitek Indonesia (1984). “Buku Ke-2 Karya Arsitektur Arsitek Indonesia.” Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Halaman 64-67.

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *