Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Hotel Santika Premiere Semarang adalah salah satu hotel berbintang empat yang berlokasi di Jalan Pandanaran, dekat dengan kawasan Simpang Lima di Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sesuai namanya hotel ini dioperasikan dan dimiliki oleh Santika Indonesia Hotel & Resorts, sayap pariwisata konglomerat media Kompas Gramedia.

Hotel dengan 124 kamar (berkurang satu dari awalnya 125 kamar) ini dibangun mulai mulai bulan Juli 1988 hingga selesai dibangun bulan Desember 1989 secara keseluruhan.

Hotel Santika Premiere Semarang
Foto oleh mimin SGPC

Hotel Graha Santika dibuka sejak 22 Maret 1990 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Soesilo Soedarman pada tanggal 21 Agustus 1990, menjadikannya Hotel Santika ketiga dalam sejarah bisnis perhotelan milik Kompas Gramedia itu dan hotel bintang empat pertama di Kota Atlas yang dikelola swasta murni, bukan lagi kelolaan Pemerintah melalui BUMN/Pertamina. Ia juga merupakan salah satu pionir gedung tinggi di Kota Semarang bersama dengan Plasa Simpang Lima dan Kantor Gubernur Jawa Tengah. Sejak Juli 2009, Hotel Graha Santika berganti nama menjadi Hotel Santika Premiere Semarang.

Hotel Santika Premiere Semarang rancangan tim arsitek Atelier 6 menganut gaya arsitektur pascamodern. Ia dibuat agar terlihat membaur dengan kawasan di sekitarnya yang merupakan kawasan perumahan dan perdagangan, hal ini terlihat dengan penggunaan atap tradisional pada puncak bangunan, dengan eksterior kulit beton. Walau membaur, atap tersebut membuat Santika Premiere cukup mudah dikenali saat anda berkendara.

Struktur Hotel Santika Premiere Semarang, seperti umumnya bangunan tinggi di Indonesia, berdiri di atas pondasi tiang pancang Wika berkedalaman 32-34 meter, dengan struktur atas beton bertulang terbuka tanpa pratekan. Core gedung berfungsi sebagai penahan beban horisontal.

Hotel Santika Premiere (Agoda/Booking) memiliki 124 kamar yang terbagi menjadi dua kelas; yaitu executive dan deluxe. Mengingat hotel ini diklaim sebagai hotel bisnis, Santika Premiere memiliki 5 ruang sidang, paling besar Borobudur Ballroom berkapasitas 250 orang, dan dua rumah makan. Tetapi, walau merupakan hotel bisnis, toh kolam renang sudah tersedia.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaHotel Graha Santika
AlamatJalan Pandanaran No. 116-118 Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah
ArsitekAtelier 6
PemborongNusa Raya Cipta
Lama pembangunanJuli 1988 – Maret 1990
Diresmikan21 Agustus 1990
Jumlah lantai12 lantai
Tinggi gedung48 meter
Jumlah kamar124
Biaya pembangunanRp 13,85 milyar (1990)
Rp 172 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #148 Agustus 1990; Hotel Santika Premiere

Referensi

  1. Rahmi Hidayat (1990). “Graha Santika Hotel, Berwajah tropis”. Majalah Konstruksi No. 148, Agustus 1990, hal. 39-44
  2. Suara Merdeka, 21 Agustus 1990, hal. 8 (iklan peresmian Graha Santika)
  3. Website resmi Hotel Santika Premiere
  4. Contoh pada KOMPAS Jawa Tengah edisi 11 Juli 2009, halaman 2
  5. Bakarudin (1990). “Memo Bisnis: Hotel Oom Pasikom”. EDITOR, 1 September 1990, hal. 91

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *