Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Tunjungan Plaza, atau sekarang bekennya bernama Tunjungan City, adalah kompleks perbelanjaan, hunian, dan bisnis di Surabaya milik pengembang putra daerah, PT Pakuwon Jati Tbk. Mall yang sangat familiar bagi Dilanowcy Suroboyoan karena konsep lifestyle dan “instagrammable” ini memiliki lebih dari 250 ribu meter persegi luas lantai total dan 103 ribu meter persegi luas lantai yang bisa disewakan, melingkupi lahan seluas 76 ribu meter persegi dan 6 tahap pembangunan. Masterplannya sendiri dirancang oleh Peddle Thorp bersama dengan Parama Loka Consultants.

Tunjungan Plaza Abad 21
Artikel ini membahas pencakar langit di bagian kanan foto ini. Foto oleh mimin SGPC

Bagian kedua ini membahas Tunjungan Plaza V dan Tunjungan Plaza VI lengkap dengan tower-towernya. Hotel Four Points yang seangkatan dengan TP V dan TP VI tidak ikut dijelaskan di bagian ini, melainkan bisa dilihat di bagian pertama bersama dengan bagian Tunjungan Plaza yang lama.

Saat awal dibuat, SGPC masih membatasi lingkup kerjanya hingga termuda 2002, tetapi dengan keinginan melihat perkembangan kawasan superblok sebesar Tunjungan Plaza secara mendalam, maka komponen terbaru tersebut dimasukkan. Untuk melihat daftar tenant lengkapnya, tengoklah bagian Referensi.


Iklan

Tunjungan Plaza V, TP Residence dan Pakuwon Center (2012-2015)

Plaza Tunjungan
Gedung tertinggi di Surabaya, tanpa memandang sejarah. Foto oleh mimin SGPC

Tunjungan Plaza V merupakan perluasan Tunjungan Plaza yang lebih berorientasi pada produk-produk busana mewah, apartemen elit dan perkantoran. Kawasan dengan luas lantai ritel bersih 19 ribu meter persegi ini sendiri dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan mulai tahun 2012 dan selesai dibangun 2015, dan diresmikan pada tanggal 9 Oktober 2015.

Kompleks ini dirancang oleh Aedas dari Singapura; perancang gedung WTC 2 dan 3 di Jakarta, bersama dengan tim arsitek Blue Antz, yang namanya terdengar seperti nama distro kaos. Dengan total lantai 48 dan tinggi 201 meter, gedung inilah yang diklaim tertinggi di Surabaya – dan perlu diketahui, data ini mimin masih tidak akui karena data sejarah tinggi gedung di Indonesia tidak pernah terdata rapi.

Interior Tunjungan Plaza 5
Interior TP5, foto oleh Ronniecoln
Tunjungan Plaza Wajah Baru
Wajah podium. Foto oleh mimin SGPC

Di atas TP5 adalah apartemen TP Residence dan perkantoran Pakuwon Centre, atau resminya Pakuwon Center. Apartemen TP Residence memiliki 272 unit yang tersebar di 27 lantai teratas gedung dengan luas lantai total 29.962 meter persegi, sementara Pakuwon Centre menempati 12 lantai gedung yang berada dianatra apartemen dan mall, dengan luas lantai total 20.260 meter persegi. Mallnya sendiri berlantai 10, 5 ritel dan 5 parkiran.

Tenant TP 5 didominasi oleh jenama fesyen berkelas atas dan bioskop XXI IMAX.

Kebakaran melalap bagian teratas mal Tunjungan Plaza 5 pada sore tanggal 13 April 2022, membakar lantai 10 serta eksterior aluminium gedung. Kebakaran terjadi pada jam 17.30 WIB dan berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran Surabaya 30 menit kemudian.

Data dan fakta

AlamatJalan Basuki Rachmat No. 8-12 Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekAedas (arsitektur)
Blue Antz (architect of record)
PemborongPembangunan Perumahan
Lama pembangunan2012 – 2015
Jumlah lantai48 lantai
Tinggi gedung (CTBUH)201 meter
Jumlah unit (TP Residence)272
Referensi: Blue Antz, CTBUH, Pakuwon Jati

Iklan

Tunjungan Plaza VI, Pakuwon Tower dan One Icon Residence (2017)

Tunjungan Plaza 6
Foto oleh Ronniecoln, CC-BY-SA 2.0
Atrium Tunjungan Plaza 6
Atrium TP6. Foto oleh Ronniecoln

Tambahan terkini dari kompleks Tunjungan Plaza adalah blok keenam dari gedung ini. Kembali distro kaos Blue Antz bekerjasama dengan DP Architects dari Singapura dalam pengembangan koil pemanas kota pahlawan ini. Mall dengan luas lantai bersih 25.740 meter persegi ini dibuka pada tanggal 23 September 2017. Keseluruhan gedung diborong oleh Pembangunan Perumahan.

Sebagai bagian dari proyek TP6 adalah Menara Pakuwon atau resminya Pakuwon Tower dan Apartemen One Icon, keduanya adalah gedung berlapis kaca. Apartemen One Icon memiliki tinggi gedung 198 meter, 51 lantai dan 450 unit apartemen yang tersebar pada luas floorplate total 48.757 meter persegi, sedang Pakuwon Tower memiliki tinggi 171 meter dan 39 lantai, dengan luas lantai 37.800 meter persegi.

TP 6 lagi-lagi diisi tenant berkelas atas (khususnya gawai dan fesyen), food court Pasarame, hingga beberapa perbankan yang membuka cabang digital.

Data dan fakta

AlamatJalan Basuki Rachmat No. 8-12 Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekDP Architects (arsitek)
Blue Antz (architect of record)
PemborongPembangunan Perumahan
Selesai dibangun2018
Jumlah lantai
(Menara Pakuwon)
50 lantai
Jumlah lantai
(One Icon)
51 lantai
Tinggi gedung
(Menara Pakuwon, CTBUH)
171 meter
Tinggi gedung
(One Icon, CTBUH)
198 meter
Jumlah unit
(One Icon)
450
Referensi: Pakuwon Jati; Blue Antz

Iklan

Referensi

Data resmi dari PT Pakuwon Jati Tbk

  1. Annual Report Pakuwon 2011 (arsip)
  2. Annual Report Pakuwon 2012 (arsip)
  3. Annual Report Pakuwon 2015 (arsip)
  4. Annual Report Pakuwon 2018 (arsip)
  5. Website Resmi Pakuwon: Apartemen TP Residence (arsip)
  6. Website Resmi Pakuwon: Tunjungan Plaza Superblock (arsip)
  7. Annual Report Pakuwon 2017 (arsip)
  8. Website Resmi Pakuwon: One Icon Residence (arsip)
  9. Website Resmi Tunjungan Plaza

Sumber lainnya

  1. Website resmi Blue Antz: TP5, TP6 (arsip: TP5, TP6)
  2. Website resmi Haerte Widya Engineering (arsip)
  3. Muchlis (2022). “Soal Kebakaran di Tunjungan Plaza, Wali Kota Surabaya: Dalam 18 Menit Sudah Dipadamkan“. KOMPAScom, 13 April 2022. Diakses 17 April 2022 (arsip)
  4. Sumber Api Kebakaran Tunjungan Plaza dari Lantai 10.” CNN Indonesia, 15 April 2022. Diakses 17 April 2022 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *