Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Midtown Residence Simatupang atau yang dahulu bernama Apartemen Emerald adalah menara apartemen kembar yang berdiri di kawasan Jalan T.B. Simatupang, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan. Salah satu bangunan tinggi terawal di kawasan Simatupang ini merupakan properti milik Niaz Emerald, yang sejak Juni 2016 menjadi bagian dari jaringan hotel Midtown (Agoda/Booking).

Midtown Residence dirancang oleh tim arsitek Enviro-Tec Singapura (sekarang naturalisasi Indonesia), terdiri dari dua tower masing-masing 71 unit apartemen dan 80 unit hotel yang terdiri dari 16 tipe apartemen dan 3 tipe kamar hotel. Sebelumnya, kawasan yang dulunya 100 persen hunian apartemen tersebut memiliki total 142 unit apartemen. Kawasan perhotelan dan apartemen tersebut memiliki fasilitas bersama seperti fitness, rumah makan Townhall, kolam renang dan dua balai sidang Midtownhall yang berkapasitas 20 orang.

Midtown Residence Simatupang
Sebagian bekas apartemen kini dijadikan hotel. Foto oleh mimin SGPC

Secara desain arsitektur, apartemen kembar berlantai 16 ini berlanggam pascamodernisme dan interiornya dirancang sedemikian rupa agar pemilik apartemen secara psikologis tinggal seperti di rumah biasa, seperti pemanfaatan atrium dari lantai 2 sampai 16. Struktur bangunan menggunakan pondasi tiang pancang, struktur atas beton bertulang dengan tembok core batu bata dan eksterior tembok batu bata diplester dan dicat pastel, belakangan dicat merah mawar dan putih. Kompleks Midtown Residence dibangun oleh PP Taisei mulai Mei 1993 sampai selesai dibangun pada Januari 1995.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaApartemen Emerald
AlamatJalan T.B. Simatupang Kav. 20 Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekEnviro-Tec
PemborongPP Taisei
Lama pembangunan (kedua menara)Mei 1993 – Januari 1995
Jumlah lantai (kedua menara)16 lantai
Jumlah unit (apartemen)71
Jumlah kamar (hotel)80
Referensi: Majalah Konstruksi #207 Juli 1995; Warta Kota 21/6/2019

Referensi

  1. Aria; Saptiwi Djati Retnowati (1995). “Apartemen Emerald: Suasana Rumah Tinggal pada Bangunan Tinggi”. Majalah Konstruksi No. 207, Juli 1995.
  2. Feryanto Hadi; Hertanto Soebijoto (editor) (2019). “Bertransformasi dari Apartemen ke Residence, GM Midtown Residence : Itu Luar Biasa Sulit!“. Warta Kota, 21 Juni 2019, diakses 1 November 2019. (arsip: 1, 2, 3)
  3. Website resmi Midtown Hotel Jakarta, diakses 1 November 2019

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Atau, bila anda berminat dengan artikel majalah yang dikutip oleh blog ini, sekaligus butuh referensi, belilah di TORSIP SGPC!


Bagaimana pendapat anda......

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights