Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Wisma SMR adalah sebuah gedung kantor berlantai 12 yang berdiri di Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara. Gedung yang awalnya bernama Mitra Sunter Office Tower ini dikembangkan oleh Sumber Mitra Realtindo milik kelompok bisnis Yan Mogi sebagai bagian dari kawasan Mitra Sunter yang terdiri dari dua menara apartemen dan kantor serta rukan berlantai tiga. Karena lokasinya dekat dengan tetangganya Graha Kirana, gedung ini juga menjadi “gerbang tak resmi” dari kawasan Kelapa Gading dan Sunter di Jakarta Utara.

Wisma SMR
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Wisma SMR bergaya pascamodern ini dirancang oleh Aspac Consultindo dan dibangun oleh BUMN pemborong Wijaya Karya mulai September 1993 dan selesai setidaknya pada Januari 1995. Ketika didirikan adalah sebuah kantor ber-strata title pertama di kawasan Sunter dengan banderol minimum Rp 455 juta rupiah nilai 1993 (setara Rp 4,6 milyar nilai 2020) untuk kantor seluas 198 m2, dan menurut pengembang sukses 90 persen luas kantornya diborong pembeli/investor.

Setelah selesai dibangun pada 1995, beberapa perusahaan silih berganti menempati kantor di gedung dengn luas lantai total 13 ribu meter persegi ini. Perusahaan paling ternama yang berkantor di Wisma SMR adalah Sinde Budi Sentosa, pembuat minuman Lasegar dan Larutan Cap Badak (ex. Cap Kaki Tiga), yang berkantor di lantai 7 sejak 11 April 1996 (kantor pusat ketiga bagi Sinde).

Desainnya memang bisa dikatakan “form follow function” untuk meneguhkan fleksibilitas ruang kantor atas keperluan klien pemilik gedung, seperti halnya gedung lain yang memiliki fungsi strata title. Wisma SMR tidaklah begitu special dari segi desain bila dibanding tetangga-tetangganya yang lebih baru seperti Graha Kirana atau Mall of Indonesia, bahkan tidak menarik bagi Dilanowcy. Finishing memakai panel aluminium Alucobond, kaca biru dan granit berwarna merah, dan struktur utama gedung menggunakan beton bertulang.

Iklan Jadul Mitra Sunter 1994. Jakarta Tempo Dulu
Iklan Mitra Sunter dengan Wisma SMR dalam tahap pembangunan.
KOMPAS, 14 Juli 1994

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaMitra Sunter Office Tower
Gedung Perkantoran Mitra Sunter
AlamatJalan Yos Sudarso Kav. 89 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta
ArsitekAspac Consultindo
PemborongWijaya Karya (struktur dan arsitektur)
Hammer Sakti (pondasi)
Lama pembangunanSeptember 1993 – Januari 1995
Jumlah lantai12 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #202 Februari 1995; Majalah Konstruksi #193 Mei 1994

Referensi

  1. M. Ridwan (1995). “Mitra Sunter Office: Pertama, di Pinggir Jalan Layang Bagian Utara”. Majalah Konstruksi No. 202, Februari 1995
  2. Djati Retnowati, Saptiwi (1994). “Info Proyek”. Majalah Konstruksi No. 193, Mei 1994.
  3. Kompas, 22 Oktober 1993 (iklan)
  4. Web resmi Sinde Budi Sentosa (arsip)
  5. Suara Pembaruan, 11 April 1996 (iklan)
  6. Nukman Luthfie (1995). “Melesat di Belantara Properti”. Majalah SWAsembada No. 2/XI, Mei 1995, hal. 56-58

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *