Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Hotel Santika Pandegiling Surabaya adalah hotel berbintang tiga yang dimiliki dan dikelola oleh Santika Indonesia, anak usaha perhotelan milik Kompas Gramedia, bertempat di Jalan Pandegiling Surabaya. Hotel tersebut dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan mulai Juli 1996 hingga selesai pada Oktober 1997. Hotel ini dibuka sejak 20 Februari 1998 ditengah ketidakpastian ekonomi dan politik nasional.

Desain arsitektur hotel dilakukan oleh tim arsitek Parama Loka Consultant yang menerapkan sedikit ciri khas art deco Suroboyoan dengan menambah ruang presidential suite di lantai tertingginya (kini sejenis kamar deluxe executive). Di luar ciri khas tersebut, desain hotel dengan luas lantai kotor 8.990 meter persegi ini tidak begitu istimewa selain balkonnya yang hanya digunakan meletakkan AC luar. Eksterior dilapisi cat warna hijau untuk menonjolkan citra Santika, serta keramik marmer di lapis luar bagian bawah hotel. Hal yang sama juga terjadi pada struktur gedungnya yang berupa frame terbuka yang diperkuat oleh core dan tembok geser (shear wall) dan ditopang oleh pondasi tiang pancang.

Hotel Santika Gubeng
Foto oleh mimin SGPC

Hotel Santika Pandegiling memiliki 124 kamar (dengan empat kategori), 5 ruang pertemuan (dinamai setelah nama-nama gunung di Jawa Timur) yang memiliki kapasitas mulai 15 orang hingga maksimal 200 orang, dan rumah makan Kemangi Restaurant. Ia memang tidak memiliki kolam renang karena pangsa pasar hotel ini diarahkan sebagai hotelnya pebisnis.

Data dan fakta

AlamatJalan Pandegiling No. 45 Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekParama Loka Consultant
PemborongPembangunan Perumahan
Lama pembangunan1 Juli 1996 – 31 Oktober 1997
Diresmikan20 Februari 1998
Jumlah lantai11 lantai
Jumlah kamar124 kamar
Referensi: Majalah Konstruksi #271 Mei 1998, Hotel Santika

Referensi

  1. Ayus, Umi S. (1998). “Hotel Santika – Surabaya”. Majalah Konstruksi No. 271, Mei 1998.
  2. ANO (1998). “Hotel Santika Surabaya Beroperasi”. KOMPAS, 21 Februari 1998, halaman 11.
  3. Website resmi Hotel Santika Pandegiling (arsip).

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *