Gedung Agung Concern, sekarang Maybank KCP Kota

Ketika SGPC menelusuri daftar bangunan yang tertulis di buku “Gedung Perkantoran di Jakarta 1986”, mimin menyorot sebuah bangunan di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, yang dirasa “tak begitu penting” bagi orang lain tetapi akan masuk subyek SGPC karena ini gedung sudah lama juga, dan sudah tinggal gambar sahaja.

Ini adalah kantor Maybank cabang Kota Jakarta, berlokasi dekat dengan superblok Green Central City/Candra Naya dan berseberangan jalan dengan hotel legendaris Jayakarta. Awalnya, gedung ini berdiri sejak 1977 dengan nama Agung Building yang dimiliki oleh PT Agung Concern yang identik dengan dealer mobil Toyota. Namun, pihak Maybank mengklaim gedung ini dibangun pada 1974.

Ia berlantai 3 dengan luas lantai 3.000 m2, ditujukan untuk perusahaan dagang. Selanjutnya gedung bekas Agung Building dimanfaatkan sebagai kantor Bank Internasional Indonesia, dan pasca akuisisi, Maybank hingga pandemi pada 2020. Maybank membongkar gedung kotak tersebut pada 2021, dan seusai pembongkaran, berdiri kantor cabang baru Maybank yang ukurannya lebih kecil dan berpenampilan ala Belanda yang diresmikan pemakaiannya pada 2 Februari 2023.

Gedung Agung Concern, sekarang Maybank KCP Kota
Gedung Agung Concern pada awal 1980an, sebelum renovasi. Foto oleh PP REI

Data dan fakta

Nama lamaAgung Building
AlamatJalan Gajah Mada No. 187 Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta
Selesai dibangun1977
Jumlah lantai3 lantai

Referensi

  1. Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia (1986). “Gedung Perkantoran di Jakarta 1986.” Jakarta: Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia. Hal. 34
  2. Press release (2023). “Maybank Indonesia resmikan kantor cabang Kota, Jakarta Barat.” KONTAN, 3 Februari 2023. Diakses 2 Oktober 2024 (arsip)

Lokasi

Google Translate:

Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Banyak tulisan gedung yang SGPC buat sebelum dijadwalkan terbit. Penasaran? Dukung kami via Trakteer.