Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Setelah sukses mengelola properti di Wahid Hasyim, Hotel Cipta berencana memperluas bangunan yang ada di Kebon Jeruk, namun keadaan lahan tidak memungkinkan atau tidak tercapai. Hal ini membuat Hotel Cipta harus melebarkan sayapnya ke lokasi lain di Jakarta, yaitu di Jalan Mampang Prapatan Raya Nomor 1A. Namanya juga masih mirip, Hotel Cipta Mampang Prapatan.

Hotel Cipta Mampang Prapatan Jakarta, 9 Mei 2016
Foto oleh David FP dari Panoramio (RIP)

Keputusan memilih Mampang Prapatan adalah soal prospek jalan tersebut sebagai penghubung Jalan T.B. Simatupang dan Segitiga Emas Gatot Subroto-HR Rasuna Said-Jenderal Sudirman. Hotel dengan biaya investasi 15 milyar rupiah (nilai 1997, setara Rp. 110,7 milyar nilai 2022) itu diperkirakan resmi dibuka pada bulan Mei 1997.

Hotel ini dirancang oleh tim arsitek Harmoni Cipta dan dibangun oleh kontraktor lokal Triconsdaya Ciptatama. Sepertinya kita tidak mendengar kedua nama ini. Desainnya mengacu pada eksterior dan konsep “tamu hotel bagian dari keluarga” dari hotel pertama Hotel Cipta di Wahid Hasyim. Hotel berlantai tujuh tersebut berdiri di lahan seluas 1.400 m2, sedikit lebih luas dari kakaknya di Kebon Jeruk, menampung 70 kamar dan dua ruang rapat.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Mampang Prapatan Raya No. 1A Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekPT Harmoni Cipta
PemborongTriconsdaya Ciptatama
Selesai dibangunMei 1997
Jumlah lantai7 lantai
Jumlah kamar70 kamar
Biaya pembangunanRp. 15 milyar (1997)
Rp. 110,7 milyar (inflasi 2023)

Referensi

  1. Umi Suswatiani (1997). “Hotel Cipta 2, akan tampil dengan memadukan unsur-unsur lain.” Majalah Konstruksi No. 243, Januari 1997, hal. 44-47
  2. Halaman resmi Hotel Cipta, diakses 15 September 2022 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *