Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Bertempat di pojokan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jampea, gedung berlantai 6 dengan luas lantai total 6.280 meter persegi ini merupakan kantor wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kota Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Gedung yang berdiri di bekas Hotel Grand Makassar ini dirancang oleh tim arsitek dari Griya Cipta Sarana dan dibangun oleh Duta Teknik Indonesia mulai 14 Juni 1988 hingga selesai keseluruhannya pada tanggal 6 Desember 1989.

Gedung BRI Makassar 1990
Gedung BRI Makassar pada 1980. Foto oleh Rahmi Hidayat/Majalah Konstruksi

Desain BRI Kanwil Makassar dirancang dengan memperhatikan keadaan sekitar dan fungsional, alias form follow function. Lokasinya yang saat itu dekat dengan Benteng Rotterdam dan saat itu kantor gubernur Sulawesi Selatan – sekarang Walikota Makassar, dengan membentuk elemen sudut “perantara” berlantai tiga yang menghadap kantor Walikota dan Benteng Rotterdam, dan penempatan plaza dan potongan bangunan berlantai 3 di bagian belakang bangunan sebagai antisipasi aneka ragam bangunan di sisi ruas Jalan Jampea.

Eksterior BRI Makassar saat dibangun (foto) didominasi kaca berwarna gelap dan tembok lapis keramik warna putih keabuan. Gedung yang diresmikan penggunaannya oleh Menteri Keuangan J.B. Sumarlin pada Februari 1990 ini, kini ikut dipaksa menggunakan warna khas BRI modern, biru dengan aksen jingga.

Data dan fakta

AlamatJalan Ahmad Yani No. 8 Kec. Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
ArsitekGriya Cipta Sarana (arsitektur)
Ketira Engineering Consultants (struktur)
PemborongDuta Teknik Indonesia
Lama pembangunanJuni 1988 – Desember 1989
DiresmikanFebruari 1990
Jumlah lantai5 lantai
1 penthouse
Tinggi gedung25 meter
Referensi: Majalah Konstruksi #144 April 1990

Referensi

  1. Rahmi Hidayat (1990). “Gedung Kantor Wilayah, Cabang & Inspeksi BRI Ujung Pandang: Diharapkan tampil anggun dan sederhana.” Majalah Konstruksi No. 144, April 1990, hal. 53-61

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *