Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

SGPC Dengan Tenaga Super dari WordPress

Penampilan lama web Setiap Gedung Punya Cerita berbasis Blogger (2019-2021. Yang 2018-19 tak ramah mobile user.)

Mulai hari ini (kapan ya, tunggu migrasi domain) Setiap Gedung Punya Cerita ganti platform. Dari 1 Desember 2018 sampai 19 Juli 2021 (3 tahun) SGPC menggunakan platform gratis dari Google bernama Blogger.

Keputusan mimin pindah dari Blogger ke WordPress bukannya tanpa alasan. Selain demi memperkuat kualitas konten, keluwesan SEO, hak cipta dan beberapa kelebihan tambahan dari WordPress terhadap mesin pencari Google, membuat mimin SGPC memutuskan untuk pindah hosting. Ironis buat Blogger dan pemiliknya, Google.

Sebenarnya keputusan memilih WordPress ini sudah dipikirkan dari lama, sejak mimin melihat versi “siap jadi”-nya yaitu WordPress dot com. Versi ini sudah digunakan untuk companion blog SGPC yaitu Sejarah dari Rak Toko yang saat ini vakum karena krisis pendanaan. Bila diurus dengan benar, web berbasis WordPress sangat menguntungkan karena SEO-nya lebih terjamin dan enak untuk melakukan otak-atik konten. Berbeda dengan Blogger, dimana anda harus mengutak-atik template, anda belum tentu bisa mengubah metadata, anda tidak bisa lazyloading, dan lain sebagainya. Parahnya lagi, blog anda bisa dihapus bila anda tidak sesuai syarat dan prasyarat Google. Pada intinya, ribet. Belum lagi site loadingnya yang (ironisnya) bukan standar Google. Itu semua berimbas pada penurunan ranking blog.

Kendala mimin untuk mewujudkan sebuah web berbasis WordPress adalah biaya. Kebetulan SGPC menumpang hosting yang sama dengan firma pengacara milik orang tua mimin, sehingga migrasi ini tak lagi menjadi migrain bagi keuangan keluarga. Itu yang membuat mimin SGPC sementara menggunakan platform Blogger hingga Juli 2021. Kendala lainnya, template. Belum ada template yang cocok dengan skema SGPC untuk saat ini. (atau mungkin sudah ketemu tapi terkesan dipaksakan?)

Sementara, selama beberapa hari kedepan mimin SGPC memohon maaf bila terdapat beberapa kelemahan pada migrasi ini, seperti hilangnya Disqus dan AddThis. Semua migrasi, seperti halnya prosedur pemindahan server web, perlu waktu, dan mimin jamin akan menjadikan Setiap Gedung Punya Cerita lebih enak dibaca dan menjadi rujukan tentang sejarah bangunan Indonesia dari era modern. God Bless!

Terbaru 9 Juli 2021: Mimin SGPC menarik semua artikel Sejarah Pusat Perbelanjaan Jakarta karena kendala hak cipta. God Bless!

Terbaru 18 Juli 2021: Kita dah kembali! Uhuy!

Setiap Gedung Punya Cerita

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *