Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Wisma BSD, atau kini bernama Grha Telkom BSD, adalah gedung perkantoran berlantai 11 dan 1 basement yang berlokasi di perempatan Pahlawan Seribu/Bulevar Utara atau Lengkong Karya, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Tetangga BSD Plaza yang saat ini sudah menjadi kantor Telkom Indonesia dan anak-anak perusahaannya ini berdiri di belakang bekas kantor marketing Bumi Serpong Damai yang kini merupakan kantor layanan konsumen Sinarmas Land.

Dirancang oleh tim arsitek dari Adam Hamzah & Rekan, Grha Telkom BSD dirancang dengan gaya pascamodernisme. Dibangun untuk mengumpan perusahaan berkantor ke BSD, sekaligus menjadi kantor Bumi Serpong Damai waktu itu, Grha Telkom BSD memang dirancang sebagai simbol kota mandiri BSD. Seperti halnya bangunan modern era 1990an, Grha Telkom Serpong berlapiskan kaca hijau dan panel aluminium.

Gedung dengan luas lantai 11.262 meter persegi ini dibangun oleh Jaya Konstruksi mulai 20 September 1994 sampai sekiranya pada tahun 1996. Saat dibangun, Bumi Serpong Damai berkantor dari lantai 6 sampai 10, lantai 11 sebagai lantai untuk melihat suasana dan 1-5 adalah perkantoran.

Data dan fakta

Nama lamaWisma BSD
AlamatJalan Pahlawan Seribu No. 1 Serpong, Tangerang Selatan, Banten
ArsitekAdam Hamzah & Rekan
PemborongJaya Konstruksi
Lama pembangunan1994 – 1996
Jumlah lantai11 lantai
1 basement
Biaya pembangunanRp 18,5 milyar (1996)
Rp 141,5 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #227 Mei 1996

Referensi

  1. Umi Suswatiani (1996). “Wisma BSD, berkesan miliki kaki yang kokoh dan masif”. Majalah Konstruksi No. 227, Mei 1996, hal. 35-38
  2. Arsip laman resmi BSD, diarsip 22 Februari 2001

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *