Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Perkenalkan, pasangan muda dari Gedung Hanurata Graha yang sempat disinggung di awal-awal hidup dari blog Setiap Gedung Punya Cerita. Gedung Sucaco adalah gedung berlantai 8 yang merupakan kantor pusat dari perusahaan pembuat kabel Sucaco atau dipanjangkan sebagai Supreme Cable Manufacturing & Commerce Company.

Hanurata dan Sucaco
Gedung Sucaco ada di kanan. Foto oleh mimin SGPC

Gedung rancangan Ir. Mohammad Iman Juwono MA IAI, dari PT NCMS ini dibangun oleh Shimizu Dextam mulai Mei 1986 hingga selesai dibangun keseluruhan pada bulan April 1987. Perusahaan kabel tersebut pindah ke gedung ini dari Jalan Gajah Mada sejak Agustus 1987 dan menempati bangunan tersebut hingga saat ini.

Dengan desain gedungnya yang sederhana dan berlokasi sangat strategis, Gedung Sucaco memang tidak banyak dibahas tetapi sering muncul di foto Jakarta dari Monumen Nasional. Gedung dengan luas lantai 4 ribu meter persegi dan tinggi 34 meter tersebut hanya setidaknya didesain lebih terbuka dengan lingkungan. Struktur hanya istimewa di tiang bor berkedalaman 40 meter, mirip dengan tetangganya. Awalnya gedung ini berlapis tegel putih dan sudah diganti komposit berwarna abu kecoklatan.

Data dan fakta

AlamatJalan Kebon Sirih No. 71 Jakarta
ArsitekIr. Mohammad Iman Juwono MA IAI (NCMS)
PemborongShimizu Dextam
Lama pembangunanMei 1986 – April 1987
DibukaAgustus 1987
Jumlah lantai8 lantai
Tinggi gedung33,6 meter
Referensi: Majalah Konstruksi #115 November 1987

Referensi

  1. Muchamad Zaki (1987). “Gedung Kantor Pusat PT Sucaco: Tampil sederhana di lokasi strategis”. Majalah Konstruksi No. 115, November 1987, hal. 39-40, 75-76
  2. Halaman resmi PT Sucaco, diakses 7 Oktober 2020 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *