Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara merupakan instansi di bawah Kementerian Keuangan yang bertugas melayani perbendaharaan, pencairan anggaran dan penatausahaan pemasukan negara. Di Jakarta, KPPN menempati beberapa bangunan untuk operasionalnya, namun Gedung KPPN Jakarta di Sawah Besar yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No 19, Jakarta Pusat menampung empat divisi KPPN Jakarta, yaitu KPPN Jakarta I, KPPN Jakarta IV dan KPPN Jakarta VI serta divisi khusus hibah.

Gedung KPPN Sawah Besar/Kantor Pajak Juanda
Sederhana, tipikal modernisme 1980an. Foto oleh mimin SGPC

Sedikit catatan mengenai sejarah dari Gedung KPPN Jakarta yang dirancang oleh tim arsitek dari Team 4 Architects dan pembangunannya diborong oleh Raka Utama, pemborong yang juga membangun kantor KPPN di Jatinegara, Jakarta Timur, mulai April 1986 hingga selesai Januari 1988. Arsitek gedung KPPN Jatinegara, Yodya Karya (BUMN), bertindak sebagai manajemen konstruksi.

Saat pertama dibangun, gedung ini menjadi Kantor Perbendaharaan Negara/Kantor Keuangan Negara (KPN/KKN) dan Kantor Tata Usaha Anggaran (KTUA) Jakarta I, peran gedung yang diwariskan KKN dan KTUA masih diemban hingga kini melalui KPPN.

Secara arsitektur, gedung KPPN Jakarta Sawah Besar yang menganut gaya arsitektur modern memiliki lima lantai dan luas lantai total 7.087 m2 dan tidak memiliki keistimewaan apapun dimata pada Dilanowcy selain jendela gedungnya tidak begitu besar untuk menekan sinar matahari masuk. Mengingat banyaknya divisi KPPN yang berkantor di gedung ini, pintu masuk pun dibuat berbeda untuk memastikan sirkulasi instansi. Gedung KPPN Jakarta saat pertama dibangun disebut sudah memiliki fungsi sistem otomasi bangunan (SOB) terkomputerisasi, tetapi tidak pernah dirancang sebagai sistem bangunan pintar (SBP).


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung KPN/KKN/KTUA Jakarta I
AlamatJalan Ir H. Juanda No. 19 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekTeam 4 Architects
PemborongRaka Utama
Lama pembangunanApril 1986 – Januari 1988
Jumlah lantai5 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #124 Agustus 1988

Referensi

  1. Muhammad Zaki; Urip Yustono (1988). “Gedung KPN/KKN & KTUA Jakarta I: Dengan Building Automation System hemat 20 persen penggunaan energi”. Majalah Konstruksi No. 124, Agustus 1988

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *